Teuku Riefky Kenakan Pakaian Aceh di Paripurna DPR

"Sebagai orang Aceh, saya harus memperlihatkan identitas ke-Aceh-an saya melalui pakaian," kataTeuku Riefky

Teuku Riefky Kenakan Pakaian Aceh di Paripurna DPR
SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Ketua Komisi X, Teuku Riefky Harsya tampil dengan pakaian Aceh di podiom paripurna DPR RI, Kamis (26/4/2017). 

Laporan Fikar W.Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA --- Sidang Paripurna DPR RI, Kamis (26/4/2017) menjadi sangat istimewa bagi Ketua Komisi X DPR RI, Teuku Riefky Harsya. Politisi Partai Demokrat dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh ini, secara khusus mengenakan setelan pakaian khas Aceh, lengkap dengan jas, kain songket dan kopiah hitam.

Alhasil penampilan Riefky menjadi sangat berbeda dari hari-hari biasa. "Sebagai orang Aceh, saya harus memperlihatkan identitas ke-Aceh-an saya melalui pakaian," kataTeuku Riefky tampak sumringah.

Pada Sidang Paripurna itu, selaku Ketua Komisi X, Teuku Riefky berpidato di podiom, menyampaikan laporan Rancangan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan dan Rancangan Undang-Undang Sistem Perbukuan yang kemudian disahkan menjadi Undang-Undang.

Komisi X adalah mitra kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Badan Ekonomi Kreatif, dan Pemuda dan Olahraga. Kedua Undang- Undang yang disahkan itu, sebelumnya telah digodok intensif bersama pemerintah.

"Kedua Rancangan Undang-Undang ini adalah usul inisiatif DPR. Alhamdulillah kerja keras semua pihak, berhasil disahkan menjadi Undang-Undang," kata Teuku Riefky.

Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan telah mengendap lama di DPR. Berbagai pandangan muncul, pro dan kontra. Berkali-kali mau disahkan, tapi berkali-kali pula gagal. "Kalau akhirnya pada masa sidang ini berhasik disahkan, itu setelah melalui proses yang sangat panjang," ujar Teuku Riefky.

Sebagai putra Aceh dan kebetulan membahas Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan, Riefky lalu berinisiatif mengenakan setelan pakaian Aceh saat menyampaikan laporan kepada Paripurna DPR. "Ini bentuk mencintai kebudayaan sendiri," ujar Teuku Riefky.(*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help