SerambiIndonesia/

Fakta yang Harus Anda Tahu Seputar Imunitas Tubuh

Memiliki gaya hidup yang sehat merupakan cara paling efektif menjaga sistem imun bisa bekerja optimal.

Fakta yang Harus Anda Tahu Seputar Imunitas Tubuh
Shutterstock
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Sistem imun biasanya baru kita perhatikan saat tubuh diserang flu, tetapi tahukah Anda bahwa imunitas merupakan sistem yang kompleks dari sel, jaringan, dan organ untuk melindungi tubuh.

Sistem imun pula yang bertugas untuk memberitahu tubuh mana yang merupakan "teman" dan mana yang "musuh" untuk dihancurkan. Sel-sel kanker pun ketika masih awal sebenarnya bisa dihancurkan oleh sel imun yang kuat.

Pada kasus tertentu, sistem imun bisa keliru membedakan, kondisi itu disebut juga dengan penyakit autoimun, karena sel-sel kekebalan tubuh justru menyerang sel yang sehat.

Itu merupakan sebagian kecil dari sistem imun yang kita tahu. Ketahui apa saja fakta seputar "komando elit" tubuh kita ini.

1. Usus bekerja sebagai penjaga

Bagian terbesar dari sistem imun manusia ada di saluran pencernaan atau usus. "Saluran cerna juga bagian dari sistem imun yang bekerja paling keras. Bagian ini juga terus menerus membedakan bakteri baik dan buruk untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum," kata Dr.Katharine Woessner, dokter spesialis alergi, asma, dan imunologi.

2. Jarang salah

Bagi mayoritas orang yang sehat, sistem imun beradaptasi dengan terus berubah dan merespon kuman yang baru, baik itu virus, bakteri, atau parasit, setiap harinya. Paparan terus menerus pada kuman ini membuat sistem imun terus mempelajari kuman dan membangun kekuatan untuk melawannya.

Namun, pada kasus yang jarang, dapat terjadi kesalahan sehingga tidak bisa membedakan kuman dan sel yang sehat. Gangguan sistem imun juga membuat tubuh kita lebih rentan terkena infeksi.

3. Masa terbaik kelenjar timus

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help