SerambiIndonesia/

Tafakur

Berbagi Ilmu

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi

Berbagi Ilmu

Oleh: Jarjani Usman

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang makruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah, sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS. At Taubah: 71).

Ilmu Allah luar biasa luasnya dan keragamannya, termasuk dalam bidang pertanian. Sedikit saja dibagi untuk kita manusia akan memberikan ehidupan yang luar biasa. Bahkan kita disuruh untuk saling berbagi ilmu, bukan menyembunyikannya. Dengan berbagi ilmu akan tertolong
banyak insan dalam hidup di dunia ini.

Bukan hanya di suruh berbagi, tetapi juga dilarang menyembunyikannya. Dalam suatu hadits dikatakan, “Barangsiapa ditanya mengenai suatu ilmu dan ia menyembunyikannya, maka ia akan dicambuk dgn cambuk dari api neraka pada hari kiamat” (HR. Abu Dawud). Berbeda dengan rang-orang yang menyebarkan ilmu dengan ikhlas, yang bukan hanya berpahala saat mengajarkannya. Menyebarkan ilmu yang baik juga memperoleh pahala saat orang-orang mengikutinya dan mengajarkannya kepada orang lain. Luar biasa pahala terus mengalir.

Mudah-mudahan siapapun yang diberikan kelebihan ilmu, mau ikhlas berbagi di dunia ini. Apalagi Allah menyuruh kita untuk menyebarkan sebahagian dari apa yang telah diberikan kepada kita (QS. Al Baqarah: 254).

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help