SerambiIndonesia/

Pemko belum Salurkan Jadup

Dana jatah hidup (jadup) triwulan pertama (Januari-Maret) 2017 bagi 2.483 warga lanjut usia (lansia) di Lhokseumawe

Pemko belum Salurkan Jadup
PETUGAS medis memeriksa pasien lansia yang sakit di rumahnya di Desa Krueng Tho, Kecamatan Darul Hikmah, Rabu (8/2). 

* Untuk 2.483 Lansia

LHOKSEUMAWE - Dana jatah hidup (jadup) triwulan pertama (Januari-Maret) 2017 bagi 2.483 warga lanjut usia (lansia) di Lhokseumawe hingga kini belum dicairkan oleh Pemko setempat. Untuk diketahui, dalam dua tahun terakhir Pemko Lhokseumawe meluncurkan menyediakan jadup bagi warga yang berumur 70 tahun ke atas. Jadup sebesar Rp 300 ribu per bulan tersebut, selama ini dibayar setiap tiga bulan (triwulan).

Informasi yang diperoleh Serambi dari sejumlah warga yang orang tuanya tercatat sebagai penerima jadup, kemarin, tim verifikasi dari Dinas Sosial Lhokseumawe sudah datang ke rumah mereka beberapa bulan lalu. Saat itu, diinformasikan bahwa jadup jatah triwulan pertama akan segera cair. Tapi, sampai sekarang belum terealisasi dan belum ada kabar kapan dana itu akan cair. Karenanya, mereka berharap Pemko segera mencairkan bantuan tersebut.

Wakil Ketua Komisi C DPRK Lhokseumawe, M Hasbi SSos MSM, menjelaskan, dalam APBK tahun 2017 dana jadup hanya tersedia untuk lima bulan, Januari sampai Mei, yakni sekitar Rp 3,8 miliar. Sementara untuk bulan-bulan selanjutnya akan diupayakan dapat diplot dalam APBK Perubahan.

Karena itu, ia mempertanyakan mengapa sudah memasuki bulan Mei, jadup triwulan pertama belum dikucurkan. Padahal, penerima sangat membutuhkan dana itu, apalagi menjelang Ramadhan. “Jadi, kita minta Pemko segera mencairkan jadup. Bila perlu langsung dikucurkan untuk jatah lima bulan sekaligus, sehingga penerima bisa memanfaatkan dana tersebut untuk persiapan Ramadhan dan Idul Fitri,” pungkas Hasbi.

Kepala Dinas Sosial Lhokseumawe, Syuib, menjelaskan, untuk pencairan jadup saat ini masih dalam tahap pembuatan SK Wali Kota. “Jika SK selesai, jadup triwulan pertama segera kita salurkan,” janjinya.(bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help