SerambiIndonesia/
Home »

Opini

Opini

Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa

PENDIDIKAN dan prestasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Pendidikan di perguruan tinggi sama halnya dengan pendidikan

Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa
SEBUAH mobil listrik dipamerkan di halaman Kampus Fakultas Teknik Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (7/1). Mobil hemat energi yang diberi nama Malem Diwa karya mahasiswa jurusan Teknik Mesin Unsyiah itu pernah diikutkan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) UGM Yogjakarta tahun 2016 lalu. 

Oleh Nadia

PENDIDIKAN dan prestasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Pendidikan di perguruan tinggi sama halnya dengan pendidikan di tingkat dasar yakni mementingkan prestasi setiap individu. Individu dapat dikatakan berprestasi apabila mampu bersaing menjadi yang terdepan di antara individu lainnya. Di perguruan tinggi prestasi individu (mahasiswa) ditunjukkan dari nilai yang diberikan oleh dosen.

Menurut Pasal 1 ayat (1) UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah “Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dalam masyarakat”.

Pendidikan diharapkan mampu mewujudkan seseorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas ke depan. Oleh karena itu, banyak pihak yang cukup memperhatikan berbagai kegiatan dan permasalahan yang terkait dengan pendidikan. Hal ini bertujuan agar suatu negara dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan dapat bersaing di tingkat internasional.

Buku pedoman Akademik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyebutkan bahwa hasil prestasi studi seorang mahasiswa diukur dengan indeks prestasi (IP) setiap semester dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang merupakan rata-rata dari nilai per mata kuliah yang diakumulasikan kemudian dibagi dengan total SKS yang ditempuh mahasiswa.

Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, hal ini sangat penting untuk ditinjau lebih dalam demi meningkatkan prestasi mahasiswa. Penulis sebagai seorang mahasiswi Program Studi S1 Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsyiah tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan Indeks Prestasi (IP) mahasiswa, khususnya mahasiswa Akuntansi Unsyiah angkatan 2015. Kajian ini didukung oleh satu hasil mini riset yang penulis lakukan bersama teman-teman (Ghina Maulani Fadhila, Lisandi Novisra, dan Ananta Yulia Romenda), mudah-mudahan bermanfaat.

Prestasi studi
Hasil prestasi studi seorang mahasiswa diukur dengan indeks prestasi (IP) setiap semester dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang merupakan rata-rata dari nilai per mata kuliah yang diakumulasikan kemudian dibagi dengan total SKS yang ditempuh mahasiswa. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, sehingga penting untuk diketahui lebih dalam demi meningkatkan prestasi mahasiswa.

Penelitian yang penulis lakukan bersama teman-teman itu, bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu belajar, kehadiran, dan keaktifan dalam organisasi terhadap IP mahasiswa Akuntansi Unsyiah angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sampel penelitian adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB Unsyiah angkatan 2015 sebanyak 57 orang. Pengumpulan datanya dengan angket, kemudian dianalisis menggunakan statistik regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan waktu, kehadiran, dan keaktifan dalam berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB Unsyiah angkatan 2015. Oleh karena itu, diharapkan agar mahasiswa tidak melupakan tugas utama mereka untuk kuliah dengan manajemen waktu, kehadiran, dan keaktifan organisasi yang sedemikian rupa agar prestasi meningkat.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apakah waktu belajar berpengaruh terhadap IP mahasiswa Akuntansi Unsyiah angkatan 2015?; (2) Apakah kehadiran berpengaruh terhadap IP-nya, dan; (3) Apakah keaktifan dalam organisasi berpengaruh terhadap IP-nya?

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help