SerambiIndonesia/

Access Aceh Latih Skill Siswa SD dan SMP

Access Microscholarship Aceh adalah program dari Kedutaan Amerika Serikat bekerjasama dengan Lembaga Bahasa Internasional (LBI) Universitas Indonesia.

Access Aceh Latih Skill Siswa SD dan SMP
SERAMBINEWS.COM/JALIMIN
Para guru Access Microscholarship Aceh dan murid SD dan SMP di Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar. 

Laporan Jalimin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Access Microscholarship Aceh yang terdiri dari gabungan beberapa universitas dan SMA di Banda Aceh dan Aceh besar menggelar aktivitas sosial pelatihan life skill untuk anak anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Minggu (14/5/2017).

Seorang guru Acces, Indah Pertiwi, Minggu (14/5/2017), mengatakan, Access Microscholarship Aceh adalah program dari Kedutaan Amerika Serikat bekerjasama dengan Lembaga Bahasa Internasional (LBI) Universitas Indonesia (UI) untuk Indonesia.

Di Aceh sendiri, program ini dikoordinir oleh Kampus UIN Ar-Raniry. Dalam menjalankan program ini, katanya, sama seperti kuliah sehari-hari, namun program pendidikan ini bersifat non-gelar.

Khusus di Aceh, program ini diikuti 60 peserta yang terdiri dari 20 mahasiswa dan 40 siswa dari sejumlah SMA dan beberapa perguruan tinggi seperti UIN AR-Raniry, Unsyiah, STKIP BBG, Unaya, Unmuha, dan Universitas Serambi Mekkah dengan masa belajar dua tahun.

"Hari ini, kami melakukan projects work dengan melakukan pemberian pelatihan life skill kepada anak SD dan SMP, seperti mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang berguna, mulai dari membuat tempat pensil, kemudian, boneka dan kerajinan tangan lainnya," ujar Indah Pertiwi.

Indah Pertiwi menambahkan, siswa Access dipilih dari keluarga yang kurang mampu dengan melakukan seleksi di awal masuk tes program, dan Access Aceh sudah beberapa kali melakukan kegiatan sosial seperti ini.

Sebelumnya Access telah berkunjung ke panti jompo, healling trouma untuk anak anak korban gempa di Pidie Jaya, bantuan kemanusiaan untuk Somalia dan beberapa kegiatan sosial lainnya.

Amatan Serambinews.com terlihat sebanyak 30 anak yang mengikuti pelatihan life skill itu terlihat sangat antusias dan senang mengikuti program Access Microscholarship Aceh. (*)

Penulis: jalimin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help