SerambiIndonesia/

Muslim Ibrahim Pimpin MPU Aceh

Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA kembali memimpin Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh

Muslim Ibrahim Pimpin MPU Aceh
Wakil Ketua-I, Tgk H M Daud Zamzami, Wakil Ketua-II, Tgk H Faisal Ali, Ketua, Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA, Wakil Ketua-III, Tgk Hasbi Al Bayuni berfoto bersama seusai dikukuhkan secara aklamasi sebagai pengurus MPU Aceh periode 2017-2022 di Aula MPU Aceh, Lampeuneurut, Aceh Besar, Rabu (17/5). SERAMBI/HARI MAHARDHIKA 

BANDA ACEH - Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA kembali memimpin Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh untuk periode 2017-2022. Hal itu diputuskan dalam Sidang Paripurna Ulama II MPU Aceh, Rabu (17/5) di Aula Gedung MPU Aceh di Jalan Soekarno-Hatta, Lampeuneurut, Darul Imarah, Aceh Besar. Muslim Ibrahim bersama tiga wakil ketua pada periode sebelumnya terpilih secara aklamasi.

Seusai pemilihan, Tgk Muslim Ibrahim yang diwawancarai Serambi mengaku senang sekaligus sedih menerima keputusan rapat. Dia merasa senang dan bersyukur karena masih dipercaya oleh banyak ulama Aceh untuk memimpin lembaga tersebut. Namun, di sisi lain Tgk Muslim menginginkan adanya generasi baru yang mengemban tugas dan tanggung jawab tersebut.

“Saya sudah tua, perlu ada regenerasi agar lembaga ini lebih berkembang pesat ke depan. Padahal, banyak orang pintar dan layak untuk menjadi ketua MPU di sini,” ujar Muslim Ibrahim.

Walaupun demikian, dia mengaku tetap menghormati dan menjalankan hasil musyawarah tersebut, sebab musyawarah merupakan ciri khas orang mukmin.

Saat ditanya terkait program prioritasnya ke depan, Muslim Ibrahim mengatakan tidak ada program besar yang akan disuguhkannya. Namun, dia dan pengurus lainnya akan mencoba untuk memperbaiki bertahap penerapan syariat Islam yang selama ini identik dengan hukuman.

“Padahal, soal pendidikannya tidak kalah penting dari hukum. Agama ini tak langsung menyuruh potong tangan, tapi bagaimana memberikan pengajaran kepada seluruh muslim,” kata Muslim yang berencana menuangkan gagasan tersebut di setiap level pendidikan masyarakat. Sebelumnya, pimpinan sidang paripurna khusus, Tgk Daud Zamzamy meminta kesediaan tiga calon terkuat untuk menjadi ketua MPU periode mendatang dengan menulis di selembar kertas. Namun, ketiga calon, yaitu Prof Muslim Ibrahim MA yang meraih 37 suara, Tgk Faisal Ali 28 suara, dan dirinya yang meraih 26 suara sepakat menolak menjadi ketua MPU.

“Berhubung ketiga calon ini tidak bersedia untuk menjadi pimpinan MPU Aceh, maka keputusan ini kami kembalikan ke forum,” kata Tgk Daud setelah dua kali meminta para calon ketua untuk memberikan jawabannya di selembar kertas. Akhirnya, beberapa anggota rapat pun mulai mengusulkan agar dukungan dilakukan secara aklamasi.

Salah satu pendukung ide aklamasi adalah Prof Dr Alyasa’ Abubakar MA. Dia mengusulkan agar pimpinan menetapkan cara aklamasi untuk memecah kebuntuan tersebut. “Jika memang ketiga calon ketua tidak bersedia, maka kita bisa melakukan aklamasi. Nanti tinggal dibikin berita acara yang ditandatangani seluruh peserta,” kata Alyasa’ lewat mikrofon.

Sementara anggota sidang lainnya, Dr H Muhibutthabary MAg mengusul agar pimpinan MPU lama dipilih kembali, berhubung orang-orang tersebut hampir sama dengan hasil pemilihan yang baru dilakukan. Kedua usul tersebut disambut baik pimpinan sidang. Kemudian, pimpinan meminta peserta sidang untuk mengangkat tangan jika setuju pimpinan MPU Aceh lama dipilih kembali.

Amatan Serambi, seluruh peserta sidang yang berjumlah 40-an orang itu mengangkat tangan sebagai tanda setuju. “Alhamdulillah,” ujar pimpinan sidang Tgk Daud Zamzamy disambut ucapan hamdalah dan takbir dari puluhan peserta.

Adapun hasil pemilihan secara aklamasi pada Sidang Paripurna Ulama II yang berlangsung pada 16-18 Mei 2017 yaitu Ketua MPU Aceh, Prof Dr Muslim Ibrahim, Wakil Ketua I, Tgk Daud Zamzamy, Wakil Ketua II, Tgk Faisal Ali, dan Wakil Ketua III, Tgk Hasbi Al Bayuni. Sebelumnya, MPU Aceh diketuai Tgk Ghazali Mohd Syam yang meninggal dunia dalam jabatan tersebut. (fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help