60 Tour guide Aceh Dilatih Wisata Halal

Dia mengatakan, dalam upgrading itu peserta akan dibekali pengetahuan tentang wisata halal

60 Tour guide Aceh Dilatih Wisata Halal
Suasana dari atas Masjid Raya Baiturrahman usai diresmikan Wapres RI, Jusuf Kalla di Banda Aceh, Sabtu (13/5). SERAMBI/HARI MAHARDHIKA 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 60 tour guide atau pemandu wisata yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Aceh, dilatih konsep wisata halal pada 23-24 Mei 2017 di Hotel Kuala Radja, Banda Aceh. Kegiatan bernama “Upgrading Pemandu Wisata Halal Aceh” itu dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Drs Reza Fahlevi MSi.

Ketua HPI Aceh, Zainuddin Johan kepada Serambinews.com, Kamis (25/5/2017) mengatakan, kegiatan itu diadakan oleh pemerintah Aceh dengan tujuan menanamkan konsep wisata halal kepada pramuwisata, sebagai ciri khas pariwisata Aceh. “Mereka yang ikut up grading ini sudah lebih dulu dilatih dasar pemanduan wisata. Peserta sangat antusias,” ujarnya.

Dia mengatakan, dalam upgrading itu peserta akan dibekali pengetahuan tentang wisata halal dalam konteks syariat Islam, penyakit menular global dan antisipasinya, konsep wisata halal Aceh, hingga kode etik pemanduan. “Para pemateri berasal dari Dinas Syariat Islam, RSUZA, Disbudpar, dan pemateri HPI,” jelas Zainuddin.   

Dia menambahkan, selain mendapat materi seputar wisata halal, puluhan peserta juga mempraktikkannya di Pantai Lampuuk, Aceh Besar. “Diharapkan para wisatawan yang berkunjung ke Aceh akan mendapat pengalaman spiritual yang luar biasa. Itu yang semestinya menjadi ciri khas kita,” ujarnya.

Menurutnya, para peserta bahkan dilatih berdoa ketika berkendara, melihat keindahan alam, serta menerapkan akhlak muslim dalam menyambut tamu. Pada acara itu juga dibagikan buku pedoman dan kartu lisensi pemandu wisata Aceh kepada para peserta. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved