SerambiIndonesia/

Tafakur

Bersabar

Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang

Bersabar

Oleh: Jarjani Usman

“Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa” (QS. Al-Baqarah: 177).

Hidup di dunia ini tak selalu seperti yang kita harapkan. Ada saat-saatnya yang terjadi di luar dugaan, seperti hadirnya kesempitan hidup atau didera suatu penyakit. Bagi yang menganggap hidup ini sebagai sebuah perjalanan, maka hal-hal itu dianggap sebagai lubang-lubang yang mengharuskan untuk berhati-hati dalam menjalani hidup ini. Sebagaimana jalan yang tak selalu mulus untuk dilalui. Di situlah penting mengajak diri untuk bersabar.

Dengan bersabar, akan terasa lapang di dada untuk menerima kenyataan. Semakin tinggi kesabaran, semakin terasa biasa melalui guncangan-guncangan dalam hidup ini. Apalagi bukan tak mungkin, guncangan-guncangan yang lebih besar bakal terjadi ke depan. Berbagai guncangan itu tentunya tak perlu membuat kita berhenti dari perjalanan hidup ini.

Lagipula bersabar bukan tak memperoleh apa-apa. Allah berjanji akan memberikan pahala yang besar untuk orang-orang yang bersabar, sebagaimana disebutkan dalam Alquran: “Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan” (QS. An-Nahl: 96). Dan bahkan diberikan pahala tanpa batas (QS. Az-Zumar: 10). Di samping itu, Allah sangat mencintai orang-orang yang sabar (QS. Ali Imran: 146).

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help