SerambiIndonesia/

Tafakur

Kesempatan Kaya

Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman

Kesempatan Kaya

Oleh Jarjani Usman

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya’” (HR. Muslim).

Orang-orang beriman diberikan kesempatan untuk kaya raya terutama selama bulan suci Ramadhan. Yaitu kaya raya dengan pahala yang disediakan oleh Allah siang dan malam. Sedikit saja bersedekah, berlipat ganda pahalanya.

Apalagi bersedekah termasuk perbuatan yang dianggap meminjam kepada Allah, sehingga pasti akan dikembalikan. Disebutkan dalam Alquran: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak” (QS. Al Hadid: 18). Karena itu, di negara-negara tertentu yang dihuni orang-orang beriman, akan dicari orang-orang yang mau menerima sedekah harta setiap hari.

Bersedekah juga memperkaya rasa nikmat di hati orang yang melakukannya dengan ikhlas. Dalam suatu hadits dibuat suatu perumpamaan: “Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa” (HR. Bukhari).

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help