SerambiIndonesia/

Bahaya Kandungan Zat Kimia Dalam Mainan "Slime"

Kejadian tersebut bermula saat Kathleen bermain slime di rumah temannya. Pada malam harinya

Bahaya Kandungan Zat Kimia Dalam Mainan
youtube.com

SERAMBINEWS.COM - Slime merupakan mainan anak berupa gel dingin berwarna-warni yang agak lengket dan bentuknya bisa berubah-ubah. Mainan ini sedang populer di kalangan anak perempuan. Sebagian anak juga lebih suka membuat slime sendiri.

Namun, pastikan bahan-bahan yang dipakai aman.

Seperti dilansir dari laman The Asian Parent, anak perempuan berusia 11 tahun bernama Kathleen yang berasal dari Massachusets Amerika Serikat tangannya melepuh setelah bermain slime.

Kejadian tersebut bermula saat Kathleen bermain slime di rumah temannya. Pada malam harinya Kathleen meringis kesakitan sambil memegang kedua tangannya. Quinn, ibu Kathleen mendapati kedua tangan anaknya seperti melepuh.

Pemeriksaan oleh dokter menunjukkan, tangan Kathleen mengalami efek seperti luka bakar akibat bahan kimia boraks yang biasa dipakai dalam bahan utama membuat slime.

Boraks atau tetrasodium borate, merupakan bahan utama pembuatan slime karena akan memberikan teksur kenyal. Bahan kimia tersebut juga sering dipakai dalam produk deterjen pencuci pakaian.

Meski begitu, berhati-hatilah menyentuh boraks dengan tangan telanjang karena dapat menyebabkan  sensasi melepuh pada tangan. Terutama bila dibiarkan menempel terlalu lama dan tidak langsung dicuci.

Bahaya lain adalah jika kandungan bahan-bahan kimia untuk membuat slime tertelan karena lupa mencuci tangan.

Orangtua disarankan untuk memeriksa bahan apa saja yang terkandung dalam slime tersebut dan memastikan anak untuk mencuci tangan dengan sabun setelah bermain.

Artikel ini telah ditayangkan pada kompas.com tanggal 01 Juni 2017 dengan judul : "Waspadai Zat Kimia dalam Mainan "Slime"

Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help