SerambiIndonesia/

KMP Teluk Sinabang Naik Dock

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang yang selama ini melayari rute Meulaboh (Aceh Barat)-Sinabang

KMP Teluk Sinabang Naik Dock
KMP Teluk Sinabang dan KMP Teluk Singkilbersandar di Pelabuhan Ferry Pulau Sarok, Singkil, Aceh Singkil. SERAMBI/DEDE ROSADI 

* Rute Meulaboh-Sinabang Kembali Jalan 15 Juni

MEULABOH - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang yang selama ini melayari rute Meulaboh (Aceh Barat)-Sinabang (Simeulue) via Pelabuhan Samatiga Aceh Barat dilaporkan sudah dua pekan terakhir naik dock (pemeliharaaan dan perawatan).

“Docking selama sebulan. Kami rencanakan pada 15 Juni mendatang ini akan kembali berlayar,” ujar Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Perwakilan Meulaboh, Desrizal kepada Serambi, Kamis (2/6). Menurutnya KMP Teluk Sinabang naik dock ke Belawan Sumatera Utara untuk pemeliharaan setelah selama setahun beroperasi.

Dia sebutkan untuk sementara pelayaran di Pelabuhan Samatiga Aceh Barat terhenti dan akan kembali dibuka pada 15 Juni mendatang untuk melayani penumpang terutama jelang mudik Lebaran Idul Fitri mendatang.

Desrizal mengatakan selain pelayaran di Pelabuhan Samatiga selama ini pelayaran tetap dibuka di Pelabuhan Labuhan Haji Aceh Selatan dan Pelabuhan Singkil dengan rute ke Pelabuhan Sinabang. Kapal yang melayari sebanyak 2 unit yakni KMP Teluk Singkil dan KMP Labuhanhaji.

Sedangkan pemeliharaan kapal rutin dilakukan secara bergilir. Setelah KMP Teluk Sinabang pemeliharaan kapal juga nanti akan dilanjutkan KMP Teluk Singkil dan KMP Labuhanhaji. “Saat ini ada tiga kapal yang melayari dari darat Aceh ke Pulau Simeulue,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Penyeberangan Samatiga dari Dinas Perhubungan Aceh Barat, Zulkifli mengatakan dengan beroperasinya Pelabuhan Samatiga mulai Agustus 2016 lalu jumlah penumpang meningkat tajam. “Pernah diusulkan adanya kapal khusus melayari Meulaboh-Sinabang. Diusulkan kapal penambahan. Harapan kita dapat dikabulkan oleh Kementerian,” katanya.

Ia mengakui tambahan kapal tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayaran ke Simeulue, terutama untuk mengisi kekosongan ketika KMP Teluk Sinabang naik docking. “Sudah hampir sebulan terakhir tidak ada pelayaran di Pelabuhan Samatiga. KMP Teluk Sinabang awalnya dibawa ke Banda Aceh ketika Penas dan dilanjutkan naik dock,” katanya.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help