SerambiIndonesia/

KIP Galus Lapor Hasil PSU ke MK

Mahkamah Konstitusi, Senin (5/6), menerima laporan hasil pelaksanaan pemungutan suara ulang

KIP Galus Lapor Hasil PSU ke MK
mahkamahkonstitusi.go.id
MAHKAMAH KONSTITUSI 

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi, Senin (5/6), menerima laporan hasil pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Gayo Lues, dalam sidang MK di Ruang Sidang Utama MK. Laporan disampaikan oleh KIP Gayo Lues dan menyatakan bahwa pelaksanaan PSU berlangsung tanpa kendala dan hambatan. PSU dilakukan pada 17 Mei 2017. Hasilnya, pasangan HM Amru - Said Sani memperoleh 765 suara, Abdul Rasyad - Rajab Marwan 313 suara, dan pasangan Adam-Iskandar meraih 10 suara.

Mahkamah Konstitusi dalam putusan selanya yang dibacakan pada 26 April 2017 silam memerintahkan kepada KIP Gayo Lues melaksanakan PSU di lima tempat pemungutan suara atau TPS, yaitu TPS 3 Kampung Kerukunan Kutapanjang, Kecamatan Kuta Panjang, TPS 1 Kampung Rikit Dekat Kecamatan Kutapanjang, TPS 1 Kampung Tubgel Baru Kecamatan Rikit Gaib, TPS 1 Kampung Bemem Buntul Pegayon Kecamatan Blangpegayon, dan TPS 3 Penampaan Toa Kecamatan Belangkejeren.

Ketua KIP Gayo Lues Alfin Anhar menyatakan, pihaknya melaporkan secara rinci hasil PSU tersebut sebagaimana diperintahkan MK. “Sekarang kami menunggu hasil putusan MK, untuk selanjutnya kami jadikan dasar penetapan pemenang Pilkada Gayo Lues,” kata Alfin. Ketua Panwaslih Gayo Lues Ramadhansyah juga menyatakan telah melaporkan hasil pengawasan yang dilakukan pihaknya.

Ketua MK Arief Hidayat menyebutkan, dalam dalam waktu secepatnya MK akan rapat permusyawaratan hakim guna memutuskan hasil PSU tersebut. “Nanti hasil putusan MK itu akan digunakan oleh KIP Gayo Lues untuk menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Ketua MK Arief Hidayat.

Hadir pada sidang itu calon bupati HM Amru, anggota DPR RI asal Aceh Irmawan, Ketua KIP Gayo Lues Alfin Anhar, Ketua Panwaslih Gayo Lues Ramadhansyah, Komisoner KIP Aceh, KPU, Bawaslu. Pasangan Abdul Rasyad - Rajab Marwan diwakili kuasa hukum Imran Mahfudi.

HM Amru seusai sidang mengatakan, tidak masalah lagi dengan laporan PSU. “Semuanya berjalan sesuai dengan yang diperintahkan MK. Kita tinggal menunggu putusan MK saja,” kata Amru.

Dalam kesempatan itu, Amru juga sempat berfoto bersama dengan kuasa hukum pasangan “Abdul Rasyad-Rajab Marwan,” Imran Mahfudi. “Kemarin itu kita berseberangan, tapi sekarang kan sudah selesai,” kata Amru.(fik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help