SerambiIndonesia/

Zaini Juga Boleh Mutasi Lagi

ADA dua poin penting yang disampaikan Mendagri dalam suratnya. Selain menyetujui penataan pejabat pimpinan

Zaini Juga Boleh Mutasi Lagi
Kepala SKPA yang berhentikan oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf di Hotel Sriwijaya, Jakarta. 

ADA dua poin penting yang disampaikan Mendagri dalam suratnya. Selain menyetujui penataan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Aceh yang ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Aceh Nomor PEG.821.22/004/2017 Tanggal 10 Maret 2017 juga membolehkan dilakukan penataan lanjutan.

“Ya, Mendagri tidak hanya mensahkan mutasi pada 10 Maret 2017 tetapi juga memperbolehkan Doto Zaini melakukan mutasi lagi apabila dibutuhkan tetapi harus mengacu UU ASN dan PP MPNS,” kata Karo Hukum Setda Aceh, Edrian SH MHum kepada Serambi di ruang kerjanya di Kantor Gubernur Aceh, Selasa (6/6).

Didampingi Karo Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin Lc, Edrian menambahkan, dengan adanya surat ini maka tidak ada lagi persoalan bagi pejabat baru, termasuk dalam pengelolaan anggaran. Ia berharap pejabat baru bisa bekerja maksimal hingga berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf pada 25 Juni 2017.

“Saya melihat kebijakan yang diambil Mendagri sudah menyelesaikan persoalan yang selama ini tidak subtansial untuk kepentingan rakyat. Pertimbangannya mungkin mereka mengkaji dari ketentuan regulasi yang ada pada Pemerintah Aceh yang menjadi landasan bagi mereka untuk memberikan persetujuan,” ulas Karo Hukum Setda Aceh.

Tetapi jika dilihat dari perspektif hukum, kata Edrian, meskipun tidak keluar surat Mendagri, mutasi yang dilakukan Gubernur Zaini pada 10 Maret 2017 tetap sah karena itu hak otonom dari kepala daerah. “Itu hak otonom bahwa sipulan sebagai kuasa pengguna anggaran. Karena ini sudah digunjang-ganjing maka munculah ketidak-pedean kepala SKPA,” demikian Edrian.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help