SerambiIndonesia/

Tafakur

Merasa Rugi

Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasa”, itulah sebuah pepatah kebanyakan orang Indonesia

Merasa Rugi

Oleh Jarjani Usman

“Sebaik-baik manusia ialah orang yang panjang umurnya dan baik amalnya” (HR. Tirmidzi).

“Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasa”, itulah sebuah pepatah kebanyakan orang Indonesia. Namun dalam Islam, jauh berjalan bukan hanya sebatas banyak dilihat, tetapi juga bertambah rasa syukur kepada Allah. Sebab, semakin banyak dilihat, semakin bertambah rasa kagum akan kemahakuasaan Allah dalam menciptakan segala macam, jenis dan bentuk makhluk di dunia ini.

Demikian juga pepatah “lama hidup banyak dirasa”, yang dalam Islam adalah semakin lama hidup seorang beriman semakin bertambah amalnya. Sebab, sebaik-baik seorang insan, kata Nabi SAW, ialah yang berumur panjang dan baik pula amalnya.

Meskipun demikian, orang-orang yang tak mau beriman, walau panjang umurnya dan berpuluh kali bertemu dengan bulan suci Ramadhan, tak merasa rugi tak beramal. Sudah demikian terang bertahun-tahun melihat orang-orang beriman rajin beribadah, lebih-lebih di dalam bulan suci tersebut siang malam ditawarkan pahala berlipat ganda, tetap tak ada rasa rugi di hati orang-orang yang tak yakin dengan petunjuk Allah.

Padahal orang-orang beriman yang sudah mengerjakan amal salih masih berpeluang merasa rugi. Maksudnya, merasa rugi mengapa tidak lebih banyak lagi beramal salih; mengapa tidak sejak masa kecil beramal salih (bagi sebahagian orang), dan sejenisnya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help