Aceh-Sumut Temui KONI

Provinsi Aceh dan Sumatera Utara resmi mendeklarasikan rencana pencalonan mereka menjadi tuan rumah bersama

Aceh-Sumut Temui KONI
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara dan Aceh ingin mencalonkan menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Deklarasi ini dilakukan di Gedung KONI Pusat, Jakarta, Jumat (9/6). KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANA 

* Ingin Jadi Tuan Rumah Bersama PON 2024

JAKARTA - Provinsi Aceh dan Sumatera Utara resmi mendeklarasikan rencana pencalonan mereka menjadi tuan rumah bersama untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Hal itu dinyatakan oleh kedua pihak seusai mengadakan pertemuan di Gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat di Jakarta, Jumat (9/6) sore WIB.

“Memang pendaftaran belum dilakukan, tapi kami telah siap-siap. Setelah pendaftaran kami akan keliling Indonesia untuk mencari dukungan KONI provinsi. Mudah-mudahan tidak ada pesaing,” kata ketua harian KONI Aceh, Kamarudin Abu Bakar di kantor KONI Pusat Senayan, Jakarta, Jumat.

Sesuai tahapan yang ada, pendaftaran bidding menjadi tuan rumah PON 2024 dibuka pada September. Bagi calon diwajibkan membayar uang pendaftaran sebesar Rp1 miliar kepada KONI Pusat. Adapun bidding sendiri baru akan digelar pada 2018.

Demi merealisasikan target, kata Abu Bakar, pihaknya terus menjalani komunikasi dengan Sumut dan kepastian menjadi tuan rumah bersama sudah disepakati. Selain itu pihaknya terus berupaya untuk bersiap diri termasuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan pihak keamanan.

“Semua sudah tahu. Aceh sekarang aman dan damai. Jadi jangan khawatir. Nanti kita percayakan semua ini pada aparat keamanan,” tegas Abu Razak--sapaan akrab Abu Bakar--.

“Kami (Sumut dan Aceh) merapat dan berdiskusi, khususnya dalam mencari latar belakang terkait kesamaan pandangan untuk memajukan olahraga Indonesia,” ujar Ketua KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis.

“Maka dari itu, Sumut dan Aceh mendeklarasikan pencalonan tuan rumah PON ke-21 tahun 2024. Kami juga sudah menyampaikan asipirasi masyarakat Sumut dan Aceh kepada Ketua Umum KONI Pusat untuk mendapatkan dukungan,” tutur Jhon.

Rencana pencalonan tuan rumah bersama merupakan hal baru dalam sejarah PON. Sebelumnya, PON selalu diselenggarakan oleh satu provinsi saja.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved