SerambiIndonesia/

Anggaran Verifikasi Parpol belum Ada

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh pada Oktober mendatang akan melakukan verifikasi partai politik, baik nasional maupun lokal

Anggaran Verifikasi Parpol belum Ada
NET
Logo KIP Aceh

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh pada Oktober mendatang akan melakukan verifikasi partai politik, baik nasional maupun lokal, dalam rangkapemilu legislatif 2019. Namun hingga saat ini, Pemerintah Aceh belum menganggarkan dana khusus untuk verifikasi partai lokal (parlok) baru.

Hal itu dikatakan oleh Komisioner KIP Aceh, Junaidi SAg MH, saat diwawancarai Serambi, Jumat (16/6). “Tahapan KPU, Oktober sudah lakukan verifikasi, tapi sampai hari ini belum ada anggaran untuk itu,” kata Junaidi.

Harusnya, lanjut Junaidi, anggaran sudah ada dalam pengesahan APBA beberapa waktu lalu. Namun mata anggaran untuk verifikasi partai lokal ternyata tidak ada. “Anggaran untuk KIP Aceh dalam melakukan verifikasi seharusnya dibebankan dalam APBA untuk tingkat provinsi atau APBK di kabupaten/kota. Itu disebutkan dalam qanun,” sebutnya.

KIP Aceh sendiri, dia akui, sudah pernah mengajukan hal tersebut di awal November tahun lalu. Tetapi Pemerintah Aceh seperti tidak terlalu merespons. KIP Aceh juga tidak pernah dipanggil untuk membahas tersebut secara detil. “Sebenarnya ini kewajiban Pemerintah Aceh, karena kita akan melakukan verifikasi partai-partai lokal yang baru muncul di Aceh,” kata Junaidi menambahkan.

Lantas, bagaimana nantinya jika Pemerintah Aceh benar- benar tidak menganggarkan dana untuk itu? Apakah verifikasi tidak dilakukan? Junaidi mengatakan bahwa sudah kewajiban bagi mereka untuk melakukan verifikasi partai-partai lokal baru yang akan berkompetisi dalam Pileg 2019.

“Jika tidak ada, ya berarti kita nebeng dalam verifikasi partai nasional. Kalau untuk partai nasional pasti ada anggarannya dari pusat, tapi takutnya tidak maksimal. Untuk parlok seharusnya disediakan pemerintah kitasendiri,” ujar Junaidi.

Dia menyebutkan, saat ini sudah ada beberapa partai lokal yang sudah muncul, tetapi belum bisa dipastikan apakah mereka akan ikut berkompetisi pada Pileg 2019 mendatang. Oleh karena itu, tugas KIP Aceh dan KIP kabupaten/kota untuk melakukan verifikasi.(dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help