Distan Gudangkan Puluhan Traktor

Dinas Pertanian dan Pangan Abdya mengudangkan puluhan unit traktor besar jenis 4 WD

Distan Gudangkan Puluhan Traktor
GUBERNUR Aceh, Zaini Abdullah serahkan traktor tangan kepada kelompok tani di Aceh Tengah. 

BLANGPIDIE-Dinas Pertanian dan Pangan Abdya mengudangkan puluhan unit traktor besar jenis 4 WD. Alat pertanian tersebut disimpan setelah tuntas kegiatan pengolahan lahan sawah Musim Tanam (MT) Gadu 2017 di sembilan kecamatam, dan akan digunakan kembali pada MT Rendengan 2017/2018.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Muslim Hasan kepada Serambi, Rabu (14/6) menjelaskan, traktor besar jenis 4WD yang digudangkan itu berjumlah 25 unit. Masing-masing pada Balai Benih Utama (BBU) Padi Tangan-Tangan sebanyak 16 unit, dan 9 unit lainnya digudangkan pada BBU Palawija, Desa Alue Peunawa, Kecamatan Kuala Batee. Sedangkan dua unit traktor besar lainnya sedang perbaikan di bengkel.

Alat pertanian lain yang disimpan dalam gudang adalah mesin pemotong padi (kombet) sebanyak 13 unit, terdiri 4 unit kombet besar, dan 9 unit kombet sedang.

Sementara hand traktor (traktor tangan) yang seluruhnya berjumlah 661 unit masih berada pada petani. “Dari 661 unit traktor yang disalurkan kepada petani, hanya sekitar 368 unit yang masih layak digunakan,” kata Muslim.

Pengelolaan traktor tangan tersebut segera ditertibkan dengan mengumpulkan seluruh tarktor tangan tersebut di kantor camat masing-masing. Seteleh dikumpulkan akan dilakukan verifikasi dan pemeriksaan.

“Kalau ada yang perlu ditarik, maka akan kita lakukan. Penertiban juga dilakukan terhadap ongkos bajak yang selama ini dikutip sebagian pihak pengelola yang dinilai memberatkan petani,” ungkapnya.(nun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved