SerambiIndonesia/

Kopertis Gelar Pelatihan Leadership Mahasiswa

Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII Aceh menggelar Pelatihan Leadership Bagi Mahasiswa di Aula Hotel Grand Nanggroe

Kopertis Gelar Pelatihan Leadership Mahasiswa
muhammadiyah.co.id
Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin Idris 

BANDA ACEH - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII Aceh menggelar Pelatihan Leadership Bagi Mahasiswa di Aula Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Jumat (16/6). Pelatihan ini dihadiri puluhan mahasiswa yang diundang dari seluruh PTS di Aceh.

Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin MEd saat membuka acara mengatakan, tantangan saat ini yang harus dihadapi mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan) tidaklah sederhana. Jika tidak serius mengantisipasinya bisa mengakibatkan krisis karakter dan krisis jati diri.

Di antara tantangan yang disebutkan Prof Jamaluddin adalah menjamurnya nilai-nilai ideologi asing, baik ideologi liberalisme-kapitalisme, sosialisme-komunisme, maupun aliran keagamaan yang fanatis, militan, dan radikal.

Kedua, mahasiswa saat ini, menurutnya, kurang memiliki daya saing, etos kerja, dan jiwa kewirausahaan. “Mahasiswa Indonesia belum semuanya siap menghadapi kompetisi global, perdagangan bebas, dan pasar bebas,” kata Jamaluddin.

Selain itu, secara sosial budaya, menjamurnya nilai-nilai individualisme, konsumerisme, hedonisme, dan materialisme. Nilai-nilai toleransi, musyawarah mufakat, tenggang rasa, sopan santun, dan ramah tamah malah telah hilang, berganti dengan kekerasan, anarkisme, dan kebrutalan.

“Nah, dalam pelatihan ini sengaja kami undang perwira TNI dan Polri sebagai narasumbernya dengan harapan para mahasiswa bisa paham betul bagaimana menjadi atau memiliki jiwa yang berkepimpinan. Untuk itu, Kopertis akan selalu melakukan terobosan-terobosan kegiatan yang bersifat membangun kekuatan SDM kampus, dosen, bahkan mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan, M Fuad Abdullah SAg menyebutkan, untuk membekali para peserta, Kopertis menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman di bidang kepemimpinan, yakni Prof Dr Jamaluddin MEd, Kolonel Inf Mahesa Fitriadi SAP (Asisten Teritorial Kasdam Iskandar Muda), Kombes Pol Drs Burhanuddin SH (Direktur Binmas Polda Aceh) dan Kol CAJ Dr Ahmad Husein.

Penjaminan mutu
Di hotel yang sama, tapi lain ruangan, Kopertis Wilayah XIII juga menyelenggarakan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi Swasta Cluster 4 dan 5 Tahun 2017. Acara ini dihadiri seluruh PTS yang berada di Cluster 4 dan 5 Aceh.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Prof Dr Jamaluddin MEd, Dr Ismail Muhammad MAg, Dr Ir Marwan MT, Dr drh Rinidar MKes, dan Dr Mulia Saputra MSi.

Kopertis juga melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Akreditasi dan Pelatihan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) di Aula Politeknik Aceh. Narasumber untuk kegiatan ini adalah Dr Agus Setiabudi MSi (Sekretaris Dewan Eksekutif BAN-PT), Wahyu Catur Wibowo MSc, PhD dan Dr Adiwijaya MSi, keduanya Assesor BAN-PT. (dik)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help