SerambiIndonesia/

Mudik Aceh 2017

Menengok Wajah Baru Majid Raya Baiturrahman

Jika anda ke Banda Aceh sekarang, maka kamu akan mendapati wajah baru Masjid Raya tersebut.

Menengok Wajah Baru Majid Raya Baiturrahman
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Masjid Raya Baiturahman 

Laporan Nurul Hayati | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -- Bagi masyarakat Aceh, Masjid Raya Baiturrahman (MRB) tak sekedar rumah ibadah. Masjid yang terletak di jantung Kota Banda Aceh ini telah melewati pembabakan sejarah yang panjang.

Jika anda ke Banda Aceh sekarang, maka kamu akan mendapati wajah baru Masjid Raya tersebut.

Ya, payung-payung elektrik yang menaungi lantai marmar menggantikan hamparan rumput hijau yang dulunya menyelimuti sekeliling pekarangan.

12 unit payung payung elekterik dengan kolam persegi panjang sebagai taman di tengahnya, menyulap Masjid Raya Baiturrahman layaknya Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) meresmikan proyek landscape dan infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Sabtu (13/5/2017).

Peresmian ditandai pemukulan beduk diiringi terbukanya satu dari 12 unit payung elektrik secara perlahan. Proyek landscape dan infrastruktur MRB mulai dikerjakan sejak 2015 oleh PT Waskita Karya dengan pagu Rp 458 miliar dan selesai Mei 2017.

Pengerjaan proyek ini tidak mengubah bentuk arsitektur masjid, melainkan menambah berbagai infrastruktur pendukung lain yang membuat masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini terlihat semakin megah.

Seperti, pembangunan 12 unit payung elektrik berukuran 24x24 meter. Dengan adanya payung elektrik dapat menambah daya tampung masjid yang semula 9.000 jamaah di dalam menjadi 24.400 jamaah di dalam dan luar masjid.

Payung ini secara desain mengikuti payung-payung yang ada di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi dengan tujuan selain menambah keindahan masjid juga memberi kenyamanan jamaah baribadah.

Halaman
123
Penulis: Nurul Hayati
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help