SerambiIndonesia/

Setelah Berakhir, Dapat Ditetapkan Kembali

KETUA Bawaslu Aceh, Dr Muklir MAP juga menyinggung tentang dua kabupaten dan satu kota di Aceh yang akan melaksanakan pemilihan

Setelah Berakhir, Dapat Ditetapkan Kembali
BAWASLU 

KETUA Bawaslu Aceh, Dr Muklir MAP juga menyinggung tentang dua kabupaten dan satu kota di Aceh yang akan melaksanakan pemilihan kepala dan wakil kepala daerah tahun 2018, yakni Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Selatan, dan Kota Subulussalam.

Menurutnya, pemilihan bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota di Aceh diatur dalam Pasal 58 ayat (2), (3), dan 4 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2016 tentangPenyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan di Aceh.

Ayat (2)-nya berbunyi: Dalam hal di kabupaten/kota pemilihan bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota tidak beririsan waktunya dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, maka keanggotaan panwaslih kabupaten/kota yang telah berakhir masa kerjnya, dapat ditetapkan kembali sebagai anggota panwaslih kabupaten/kota untuk pemilihan bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota.

Ayat 3-nya berbunyi: Keanggotaan panwaslih kabupaten/kota untuk pemilihan bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diusulkan oleh DPRK kepada Bawaslu berdasarkan keanggotaan panwaslih kabupaten/kota untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Terakhir, ayat 4 Pasal 58 itu berbunyi: Apabila terdapat panwaslih kabupaten/kota, pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang berdasarkan ketentuan tidak dapat ditetapkan kembali sebagai anggota panwaslih kabupaten/kota untuk pemilihan bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota, maka diusulkan dari calon cadangan berdasarkan nomor urut teratas. “Nah, begitulah aturannya,” kata Muklir.(dik)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help