SerambiIndonesia/

Forum PRB Aceh Apresiasi Tim Damkar Banda Aceh-Aceh Besar  

"Kolaborasi tim damkar dari kedua daerah itu semakin padu memberikan dukungan antar-wilayah. Kerja sama seperti ini harus terus terbangun"

Forum PRB Aceh Apresiasi Tim Damkar Banda Aceh-Aceh Besar   
SERAMBINEWS.COM
Nasir Nurdin 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Di tengah gencarnya keitikan masyarakat terhadap operasional pemadam kebakaran (damkar) di sejumlah kabupaten/kota di Aceh, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh memberikan apresiasi terhadap 'pasukan merah' yang menurutnya telah bekerja secara maksimal.

"Tanpa mengecilkan peran kawan-kawan dari BPBD atau dinas pemadam di berbagai daerah lainnya di Aceh, saya memberikan apresiasi kepada tim damkar Kota Banda Aceh dan Aceh Besar atas kolaborasi yang cenderung semakin baik dalam menanggulangi bencana kebakaran di kedua wilayah itu," kata Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin kepada Serambinews.com, Senin (19/6/2017) malam.

Menurut Nasir, kasus kebakaran tercatat meningkat di beberapa wilayah Aceh sejak sebulan terakhir atau bersamaan dengan kemarau yang masih mendera Aceh hingga saat ini.

Kasus kebakaran juga meningkat di  ibu kota provinsi dan Kabupaten Aceh Besar.

Dalam pantauan Forum PRB Aceh, kesiapsiagaan Tim Damkar Pemko Banda Aceh maupun Pemkab Aceh Besar untuk menganstisipasi kebakaran sudah semakin baik.

"Kolaborasi tim damkar dari kedua daerah itu semakin padu memberikan dukungan antar-wilayah. Kerja sama seperti ini harus terus terbangun bahkan terus ditingkatkan," kata Nasir.

Mengutip data lapangan selama ini, respons time armada damkar baik dari Banda Aceh maupun Aceh Besar ke lokasi kejadian dari pos damkar terdekat sudah mencapai waktu ideal yaitu 10 menit meski pada keadaan-keadaan tertentu mereka masih 'menyerah' dengan keadaan sehingga respons time melebihi waktu ideal.

Secara umum, lanjut Nasir sudah semakin membaik meski masih ada sisi-sisi lemah yang harus terus dibenahi.

"Masyarakat juga terus diimbau untuk meminimalisir risiko bencana termasuk kebakaran apalagi pada musim kemarau seperti sekarang. Ketika musibah terjadi diminta memberikan akses sebesar-besarnya kepada awak pemadam dalam bekerja, bukan malah menyesaki lokasi sambil menonton musibah yang terjadi," demikian Ketua Forum PRB Aceh.

Penulis: Misran Asri
Editor: ariframdan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help