SerambiIndonesia/

Irwandi: Pelantikan Gubernur Kemungkinan 5 Juli 2017

Pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh hasil Pilkada 2017 tetap berlandaskan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh.

Irwandi: Pelantikan Gubernur Kemungkinan 5 Juli 2017
Irwandi Yusuf 

Laporan Yarmen Dinamika |  Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Gubernur Aceh terpilih, Drh Irwandi Yusuf MSc mengatakan, pelantikan dirinya sebagai Gubernur Aceh dan Ir Nova Iriansyah MT selaku Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 kemungkinan besar berlangsung antara tanggal 3-5 Juli 2017 di Gedung DPRA. Presiden Jokowi pun diperkirakan akan hadir.

Informasi itu disampaikan Irwandi menjawab Serambinews.com di kediamannya, kawasan Lampriek, Banda Aceh, Senin (19/6/2017) sore menjelang buka puasa bersama (bupuber) dengan kalangan wartawan.

Hadir dalam acara itu, Nova Iriansyah bersama istri serta sejumlah pengurus Partai Nasional Aceh (PNA).

Menurut Irwandi, pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh hasil Pilkada 2017 tetap berlandaskan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA).

Dengan demikian, pelantikan dilaksanakan oleh Mendagri atas nama Presiden dalam Sidang  Paripurna Istimewa DPRA di depan Ketua Mahkamah Syar'iyah  Aceh.

Tapi, menurut Irwandi, sangat berkemungkinan Presiden Jokowi ikut hadir dalam pelantikan tersebut karena tanggal 5 Juli itu, Presiden Jokowi transit di Banda Aceh dalam rangka kunjungan kerja ke Turki.

"Ya, begitulah informasi yang saya peroleh hasil konsultasi dengan beberapa pihak di Jakarta maupun di Aceh. Tapi jadwal yang pasti saya juga belum diberi tahu," kata Irwandi.

Sebagaimana diketahui, masa jabatan  Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah  dan WA gub Muzakkir Manaf berakhir 25 Juni 2017.

Sedianya pada tanggal itu Irwandi-Nova dilantik. Tapi tak mungkin dilantik karena tanggal itu jatuh pada hari pertama Idul Fitri (1 Syawal 1438 Hijriah).

Pelantikan Irwandi-Nova akhirnya digeser ke bulan Juli. Untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur, diangkat pelaksana harian (Plh) Gubernur Aceh yang kemungkinan besar dijabat oleh Sekda Aceh. (*)

Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help