SerambiIndonesia/

Perbankan Libur 23-29 Juni

Bank Indonesia (BI) melansir jadwal libur atau tak beroperasinya perbankan dalam rangka Idul Fitri 1438

Perbankan Libur 23-29 Juni

BANDA ACEH - Bank Indonesia (BI) melansir jadwal libur atau tak beroperasinya perbankan dalam rangka Idul Fitri 1438 Hijriah, 23-29 Juni 2017. Bank akan kembali beroperasi mulai Senin (3/7). Sementara pada Jumat (30/6) BI beroperasi secara terbatas.

Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan BI Aceh, Ahmad Farid kepada Serambi, Senin (19/6). “Biasanya libur perbankan mengikuti BI, mengingat aktivitas penarikan kas sudah terjadwal,” ujarnya.

Ia menambahkan pada Kamis (22/6) penyelenggaraan sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Bank Indonesia Scriples Securities Settlement System (BI-SSSS) dilaksanakan sesuai jadwal yang berlaku, dan seluruh kegiatan penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) juga dilaksanakan sesuai jadwal yang berlaku.

Ahmad Farid mengimbau agar perbankan di seluruh wilayah Aceh tetap harus memperhatikan ketersediaan uang di mesin-mesin ATM bank tersebut. Tujuannya agar masyarakat tetap dapat terlayani dengan baik, meskipun hari libur tahun ini relatif panjang.

“Dan kepada masyarakat juga diimbau untuk tidak membawa uang dalam jumlah yang banyak, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” imbuhnya.

Dikatakan, walaupun peredaran uang palsu di wilayah Aceh sangat kecil namun masyarakat harus tetap waspada terhadap uang palsu dengan dilihat, diraba, dan dirawang (3D).

Sementara Corporate Secretary Bank Aceh, Amal Hasan yang dikonfirmasi secara terpisah mengatakan terkait jadwal libur dan cuti bersama Idul Fitri 1438 H, pihaknya mengikuti ketentuan dari BI dan OJK.

“Seperti biasa Bank Aceh tetap akan menyiapkan petugas untuk monitoring layanan ATM selama libur, dan berapapun kebutuhan dana nasabah akan kita siapkan pada seluruh gerai ATM Bank Aceh di seluruh wilayah kerja,” katanya.

Pihaknya pun mengimbau agar nasabah dan masyarakat tidak panik dalam mempersiapkan kebutuhan dana tunai selama libur dan cuti bersama ini. “Gunakan uang secukupnya saja seperti hari-hari biasa, dan selebihnya dapat menggunakan fasilitas ATM 24 jam, baik itu di jaringan ATM Bank Aceh, jaringan ATM bersama ataupun jaringan ATM Prima BCA. Jadi hindari menyimpan stok dana tunai yang berlebihan terutama untuk keamanan,” imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, pihak Bank Mandiri juga mengatakan jadwal libur dan cuti bersama Idul Fitri mengikuti BI. Namun ada hari-hari tertentu yang dibuka khusus untuk melayani setoran dari Pertamina saja. Sedangkan untuk Sabtu (24/6) dan Sabtu (1/7) tetap dibuka weekend banking. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help