Tak Ada Pemotongan Gaji Ke-13 Pensiunan

Corporate Secretary Bank Aceh Syariah, Amal Hasan membantah Bank Aceh memotong gaji ke-13

Tak Ada Pemotongan Gaji Ke-13 Pensiunan
LIPUTAN6
Ilustrasi 

BANDA ACEH - Corporate Secretary Bank Aceh Syariah, Amal Hasan membantah Bank Aceh memotong gaji ke-13 pensiunan sebagaimana diprotes Jamaluddin (72), pensiunan PNS asal Gampong Pante Teungoh, Sigli, Selasa (20/6), seperti diberitakan Serambi kemarin.

Namun, menurutnya yang benar hanya pemotongan PPH, tetapi khusus kepada pensiunan yang menerima gaji di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) rata-rata di atas Rp 4,5 juta per bulan atau Rp 54 juta lebih per tahun.

Amal Hasan mengatakan sesuai sesuai laporan pihak PT Taspen (Persero) Cabang Banda Aceh, pensiunan yang gajinya di atas PTKP hanya sekitar 10 persen se-Aceh atau 90 persen lainnya di bawah PTKP yang otomatis tidak terkena pemotongan pajak.

“Namun, gaji ke-13 yang mereka terima, termasuk Pak Jamaluddin berbeda dengan gaji reguler setiap bulannya lantaran gaji ke-13 itu tak termasuk tunjangan beras. Sedangkan gaji bulanan biasanya sudah termasuk tunjangan beras,” kata Amal Hasan kepada Serambi kemarin. Hal ini, kata Amal sesuai ketentuan PT Taspen yang sudah diumumkan sebelumnya. Karena itu, ia berharap para pensiunan tak perlu resah karena tak ada pemotongan sama sekali, termasuk untuk angsuran pembiayaan bank juga tak dipotong.

Penjelasan seperti disampaikan Amal Hasan, dua hari lalu juga sudah dijelaskan Pimpinan PT Bank Aceh Syariah Cabang Sigli, H Muslim AR sebagaimana diberitakan Serambi kemarin. Namun, hanya kurang jelas tersebutkan bahwa cuma pensiunan bergaji di atas PTKP yang terkena PPH. Hal ini sesuai diatur dalam UU.

Seperti diberitakan kemarin, Jamaluddin protes karena mengaku besaran gaji pensiunan yang ia terima setiap bulan adalah Rp 2.705.200 per bulan (Rp 32.400.000/tahun). Tapi gaji ke-13 yang ia terima Rp 2.400.000. (sal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved