SerambiIndonesia/

Trafik Data Telkomsel Naik Saat Hari Raya

Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data saat Lebaran Idul Fitri 1438 H

Trafik Data Telkomsel Naik Saat Hari Raya

BANDA ACEH - Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data saat Lebaran Idul Fitri 1438 H. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136 persen menembus angka lebih dari 6.000 TB (terabyte) di hari Lebaran. Angka itu meningkat bila dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama pada tahun 2016.

Jika dibanding hari normal selama 2017, layanan ini juga naik lebih dari 27 persen. Layanan data itu paling banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengakses media sosial yaitu 36 persen dan disusul layanan video streaming sebesar 29 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati dalam rilis yang diterima Serambi, Selasa (27/6), mengatakan, peningkatan trafik layanan data paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik. “Wilayah Sumatera, meningkat lebih dari 36 persen. Sementara wilayah Jawa Bali (di antaranya meliputi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur) lebih dari 32 persen jika dibanding hari normal selama 2017,” ungkapnya.

Namun, lanjut Adita, secara nominal, trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek Jabar menembus angka lebih dari 1.700 TB, disusul area Jawa Bali yang mengonsumsi lebih dari 1.645 TB.

Sementara layanan suara dan SMS, katanya, tidak meningkat jika dibanding trafik di hari normal. “Trafik layanan suara turun 6 persen menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS,” sebutnya.

Terkait jaringan, Adita mengatakan, selama Lebaran jaringan berfungsi dengan baik untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan. Apalagi, sebelumnya Telkomsel sudah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Untuk menjamin kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan komunikasi selama mudik Lebaran, Telkomsel sudah menyiagakan jaringan berkualitas, terutama di 838 hotspotatau POI (Point of Interest) yang merupakan titik keramaian aktivitas mudik dan wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi.

Di sisi pelayanan, kata Adita, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help