14 Dubes Diundang Saat Pelantikan Irwandi-Nova

Pemerintah Aceh bersama Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) terus mempersiapkan

14 Dubes Diundang Saat Pelantikan Irwandi-Nova
SERAMBI/M ANSHAR

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh bersama Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) terus mempersiapkan segala kebutuhan untuk pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah yang akan berlangsung di Gedung DPRA pada 5 Juli 2017. Sebanyak 2.000 undangan telah disebar, termasuk untuk 14 duta besar (dubes) dari berbagai negara.

“Secara keseluruhan persiapan acara pelantikan hampir rampung, tinggal kita lakukan geladi resik saja dua hari menjelang acara. Total undangan yang dipersiapkan 2.000 lembar, termasuk untuk 14 dubes. Mengundang para dubes itu permintaan khusus Pak Irwandi,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin Lc MM kepada Serambi di Banda Aceh, Jumat (30/6).

Mulyadi merincikan, para dubes yang diundang itu di antaranya Dubes Amerika Serikat, Uni Eropa, Belanda, Turki, Jerman, Slovakia, Malaysia, Singapura, Inggris, Jepang, Prancis, Australia, dan Thailand. Tetapi, mengenai kehadiran, katanya, sampai saat ini belum terkonfirmasi. “Mungkin jelang acara nanti akan dikonfirmasi,” ujarnya.

Selain itu, panitia juga mengundang tamu pusat dan daerah seperti kakanwil, unsur kementerian, para pimpinan daerah (bupati dan wali kota), unsur Forkopimda Plus, anggota DPR RI dan DPD RI asal Aceh, anggota DPRA periode 2014-2019, pejabat di Sekretariat Daerah (Setda) Aceh, para kepala dinas, kepala badan, dan para ketua lembaga keistimewaan Aceh.

Juga diundang mantan gubernur dan wakil gubernur Aceh, tokoh agama, cendekiawan/akademisi, tokoh partai politik, tokoh masyarakat, BUMN, BUMD, perbankan, KIP Aceh, ormas, OKP, dan lainnya. “Itu undangan sementara, tapi masih ada penambahan. Undangan sudah disebar semua oleh Sekwan DPRA,” ujar Mulyadi.

Di sisi lain, Mulyadi juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan tim untuk mengurus tamu mulai dari kedatangan, penginapan, pengamanan, hingga pemulangan, baik untuk tamu dalam negeri maupun luar negeri. “Teknis dan susunan acara juga sudah ada, tinggal menunggu layout tempat di dalam gedung DPRA,” ujarnya.

Belum konfirmasi
Mulyadi Nurdin menambahkan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah akan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di hadapan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam Sidang Paripurna Istimewa di Gedung DPRA.

Terkait rencana akan hadirnya Presiden RI, Jokowi pada saat pelantikan tersebut, Mulyadi, belum bisa memastikannya. Pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Istana Negara. “Yang melantik adalah Mendagri. Kehadiran Presiden dalam acara itu belum dapat konfirmasi dari istana. Kita tunggu saja, mudah-mudahan Presiden bisa hadir,” tukasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh Pilkada 2017, pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh nomor urut 6, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah unggul dengan perolehan suara sebesar, yakni 898.710 suara.

Dengan hasil tersebut, pasangan ini berhak menjadi gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022 menggantikan dr Zaini Abdullah-Muzakir Manaf yang mengakhiri masa jabatan pada 25 Juni 2017. Khusus Irwandi, ini kali kedua baginya menjabat Gubernur Aceh setelah periode pertama, 2007-2012. (mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help