29 Orang Meninggal Kecelakaan

Selama mudik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah, Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Aceh mencatat

29 Orang Meninggal Kecelakaan

* Selama Mudik 2017 di Aceh

BANDA ACEH - Selama mudik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah, Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Aceh mencatat telah terjadi 55 kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan raya di seluruh wilayah Aceh. Dari 55 kejadian tersebut, sebanyak 29 orang meninggal dunia, 37 luka berat, dan sebanyak 46 orang luka ringan.

Demikian dikatakan oleh Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Goenawan, saat diwawancarai Serambi, Jumat (30/6). Jumlah tersebut sesuai dengan data update pos operasi Ramadniya Rencong 2017 di Mapolda Aceh. “Ini data yang update hingga Kamis 29 Juni kemarin. Totalnya 29 orang meninggal dunia,” kata Goenawan.

Goenawan mengatakan, dari 55 kejadian kecelakaan lalu lintas tersebut, kecelakaan dengan menggunakan kenderaan roda dua lebih dominan dibandingkan dengan roda empat. Hampir semua yang meninggal dunia kata Goenawan, para pengendara yang menggunakan roda dua saat sedang mudik ke kampung halaman jelang lebaran beberapa waktu lalu.

“Dari data yang kita peroleh, yang dominan kecelakaan roda dua. Kejadiannya rata-rata tabrakan dengan roda empat. Penyebabnya, karena pengendara kurang istirahat, ngantuk, dan memaksa perjalanan,” kata Kombes Pol Goenawan. Ia juga menyebutkan, wilayah pantai timur paling dominan terjadi kecelakaan tahun ini bila dibandingkan dengan wilayah pantai barat.

Goenawan menyebutkan, puncak arus balik di Aceh akan berlangsung hingga besok. Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam berkendara. Goenawan menganjurkan semua pengendara untuk segera beristirahat jika mulai mengantuk dalam perjalanan. “Pos-pos polisi di pinggir jalan bisa digunakan warga untuk istirahat, jadi kita minta para pengendara tidak memaksakan diri. Lebih baik istirahat kalau sudah mengantuk, tidak perlu buru-buru yang penting selamat sampai ke tujuan,” pungkasnya.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved