SerambiIndonesia/

50 Calon Pekerja Aceh Ikut Selekda ASC 2017

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh, Ir Teuku Bahagia MP

50 Calon Pekerja Aceh Ikut Selekda ASC 2017

BANDA ACEH - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh, Ir Teuku Bahagia MP mengatakan, 50 putra-putri utusan 23 kabupaten/kota di Aceh, ikut meramaikan ajang bergengsi seleksi daerah (Selekda) Asean Skills Competition (ASC) XII 2017, yang dijadwalkan berlangsung 17-19 Juli 2017.

“Selekda ASC XII 2017 Aceh ini merupakan ajang persiapan calon kompetitor untuk dapat berkompetisi tingkat regional, nasional dan internasional,” kata Ir T Bahagia MP, kepada Serambi, Senin (3/7).

Didampingi Kabid SDM Tarekat, T Bahagia menjelaskan, Asean Skills Competition (ASC) XII yang akan diselenggarakan di Bangkok Thailand 2018, maka Direktorat Bina Stankomlatker Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh bekerja sama dengan UPTP BLK Banda Aceh menggelar seleksi daerah (Selekda) 2017.

Tujuan selekda ini, katanya untuk mencari calon terbaik untuk mewakili Aceh ke ajang kompetisi Nasional. Karenanya, bagi peserta yang lolos di tingkat regional dan nasional, mereka berhak mengikuti training/Pelatnas kurang lebih selama setahun. Setelah mengikuti training, maka akan ada seleksi final/akhir untuk menentukan peserta yang akan mewakili Negara Indonesia dalam ajang Asean Skills Competition (ASC) ke XII di Bangkok Thailand 2018. Adapun jurusan yang di kompetisikan pada ASC XII adalah Welding, Electrical Installation, Fashion Technology, Automobile Technology Mechanical Engineering Design - CAD.

Persyaratan calon peserta, usia maksimal saat selekda adalah 21 tahun, pendidikan minimal SLTA sederajat (dibuktikan dengan ijazah terakhir), sehat jasmani dan rohani (bukti dari dokter Puskesmas atau RS Pemerintah), mendapat persetujuan dari pimpinan instansi/perusahaan/lemdiklat dan orangtua, bersedia mengikuti Seleknas (bila menjadi juara selekda) dan pemusatan pelatihan (TC) apabila menjadi juara seleknas.

Selain itu, Kepala Disnakermobduk Aceh itu juga menyebutkan, syarat bagi calon peserta, memiliki kompetensi teknis sesuai kejuruan dan tidak buta warna. Karenanya, bagi calon pekerja yang berminat ikut kompetisi ini, dapat mendaftar di Kantor UPTP BLK Banda Aceh/KIOS 3 IN 1 BLK JL Ksatria Geuceu Komplek, Banda Aceh Pendaftaran ditutup pada tanggal 7 Juli 2017.

Seleksi pra selekda-ASC XII, dijadwalkan digelar 13 Juli 2017, guna menentukan 10 peserta dari masing-masing kejuruan. Sedangkan selekda ASC XII akan dilaksanakan pada tanggal 17- 9 Juli 2017 di UPTP BLK Banda Aceh.(awi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help