SerambiIndonesia/

Baju Kaos Berkerah Sumbang Inflasi

Kelompok sandang pada Juni 2017 mengalami inflasi 3,18 persen. Penyumbang inflasi terbesar

Baju Kaos Berkerah Sumbang Inflasi
ilustrasi 

BANDA ACEH - Kelompok sandang pada Juni 2017 mengalami inflasi 3,18 persen. Penyumbang inflasi terbesar pada kelompok ini didominasi baju kaos berkerah dengan andil 0,0320 persen, emas perhiasan 0,0254 persen, dan baju muslim 0,0252 persen.

“Kelompok sandang berpengaruh besar dalam inflasi yang terjadi di Aceh pada Juni 2017 yang memberi andil sebesar 3,18 persen, dibandingkan dengan kelompok lainnya,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Wahyudin MM dalam berita resmi statistik, di Kantor BPS setempat, Senin (3/7).

Ia menyebutkan pada Juni 2017 Banda Aceh mengalami inflasi 0,81 persen, Meulaboh 0,48 persen, dan Lhokseumawe 0,90 persen. Secara agregat Aceh pada Juni 2017 mengalami inflasi 0,79 persen.

Selain disebabkan oleh peningkatan indeks harga konsumen pada kelompok sandang 3,18 persen, inflasi juga disebabkan oleh kelompok bahan makanan 1,74 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,80 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,22 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga dengan andil 0,11 persen, dan kelompok kesehatan 0,09 persen. Namun kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami deflasi sebesar minus 0,41 persen.

“Harapan kita saat jelang ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha nantinya tim TPID dapat mengendalikan harga-harga,” pinta Wahyudin.

Sementara terhadap kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami deflasi pada Juni 2017. Menurut Wahyudin, hal ini karena sebagian besar masyarakat Aceh berlebaran hanya berpindah ke kabupaten/kota lain yang masih di Aceh dan tidak menggunakan transportasi udara.

Di samping itu, juga disampaikan beberapa komoditas di Aceh yang mengalami kenaikan harga pada Juni 2017 yaitu tarif listrik, udang basah, kembung, jeruk nipis atau limau, wortel, daging sapi dan pepaya. Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga pada bulan yang sama antaranya tongkol, angkutan udara, cabai merah, bawang putih, jeruk, dan gula pasir. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help