SerambiIndonesia/

BNI Incar Pembiayaan untuk Fintech

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyatakan minat, bahkan mengincar perusahaan berbasis teknologi

BNI Incar Pembiayaan untuk Fintech
KARYAWAN Bank BNI KCP Takengon, Aceh Tengah, melayani nasabah dengan mengenakan pakaian adat Gayo dan Aceh, Rabu (5/7). Nuansa berbeda itu dilakukan dalam rangka merayakan HUT ke-71 Bank BNI 

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyatakan minat, bahkan mengincar perusahaan berbasis teknologi untuk menyalurkan pembiayaan. Bukan hanya perusahaan financial technology (Fintech), tetapi juga terhadap perusahaan-perusahaan startup atau rintisan, termasuk marketplace.

Direktur Utama BNI, Ahmad Baiquni mengatakan saat ini sudah ada sekitar sepuluh perusahaan berbasis teknologi yang dibiayai BNI.

Ia mencontohkan antara lain perusahaan transportasi Go-Jek, Plug and Play, dan Tokopedia.

“Karena kita, sekarang rencana kalau bisa dilaksanakan kenapa bisa tunggu tahun depan, ya harus sekarang,” kata Baiquni di kantornya di Jakarta, Rabu (5/7).

Menurut Baiquni, hingga akhir tahun ini BNI tidak menargetkan jumlah perusahaan teknologi yang akan dibiayai.

Baiquni menyebut, selama perusahaan tersebut dinilai memiliki potensi yang bagus, maka BNI akan memberikan pembiayaan.

“Kita win-win saja, tidak pakai (target) kuantitas. Sekarang era teknologinya cepat sekali, harus disiapkan infrastruktur, sehingga ketika ada peluang bisa langsung jalan,” ungkap Baiquni.

Namun demikian, imbuh dia, BNI belum berencana membangun perusahaan modal ventura (venture capital) yang fokus membiayai perusahaan teknologi. Meski begitu, perseroan akan bekerja sama dengan perusahaan venture capital yang sudah ada.

“Memang kita belum memiliki venture capital yang ada. Tapi kita bisa kerja sama dengan venture capital yang ada. Ini menarik, tidak yang paling utama itu dulu (kerja sama dengan venture capital yang ada),” jelasnya.

Sementara itu, kemarin dalam rangka HUT ke-71 BNI, 5 Juli 2017, pihak bank BUMN ini mejadikan momentum HUT tersebut untuk pencanangan digitalisasi pada seluruh aspek layanan dan operasionalnya.

Adapun kegiatan HUT BNI ini diselenggarakan di seluruh kantor wilayah dan cabang di Indonesia, luar negeri dan termasuk Kantor Cabang Banda Aceh. Disamping itu, petugas frontliner BNI Banda Aceh pada hari perayaan HUT ke-71 BNI juga mengenakan pakaian khas daerah Aceh.

Pemimpin BNI Cabang Banda Aceh, Amri Hidayat Arief mengatakan BNI juga memberikan atensi ulang tahun kepada nasabah BNI terpilih yang berulang tahun pada 5 Juli. “Tema HUT ke-71 BNI kali ini adalah peningkatan kinerja melalui digital banking, dimana BNI sebagai institusi keuangan sedang melakukan transformasi menjadi institusi keuangan digital nasional yang mumpuni,” kata Amri seperti dikutip lewat siaran oers kepada Serambi kemarin.

Menurutnya, hal tersebut merupakan sarana bagi BNI untuk meningkatkan kinerja serta percepatan literasi transaksi keuangan kepada masyarakat umum berbasis teknologi digital.

Tak hanya di Banda Aceh, karyawan Bank BNI di berbagai kantor di Aceh juga mengenakan pakaian adat dalam melayani nasabahnya.

Di Lhokseumawe, karyawan Bank BNI Cabang Lhokseumawe juga melakukan pertemuan dengan karyawan dan pensiunan, serta membagikan sarapan pagi pada para nasabah. “Kita sempat juga memberikan hadiah pada anak seorang nasabah yang kebetulan tanggal lahirnya sama dengan HUT BNI,” kata Pemimpin BNI Cabang Lhokseumawe, Zuharmen. (una/rel)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help