SerambiIndonesia/

Tafakur

Orang Penting

Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa

Orang Penting

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS. Al Hujurat: 13)

Kita kadangkala terperangkap dalam jebakan perasaan sendiri. Seperti merasa diri orang penting, walaupun tidak tahu apa dan bagaimana pentingnya kehadiran diri kita bagi orang banyak dan alam sekitar. Tak tertutup kemungkinan, kita yang merasa diri orang penting sesungguhnya berperilaku merusak.

Perasaan seperti ini bisa membahayakan diri. Seperti kalau sedang mengendarai di jalan, yang merasa diri orang penting bisa tancap gas kendaraannya tanpa peduli akibatnya bagi orang lain. Bahkan, lampu lalu lintas pun kadang diabaikan. Seakan-akan hanya kita yang punya kepentingan untuk cepat sampai, orang lain tidak.

Selanjutnya, kalau dipercayakan memegang amanah rakyat dalam bentuk anggaran atau uang, yang merasa dirinya orang penting merasa berhak untuk mengambil lebih banyak untuk dirinya sendiri. Seakan-akan hanya dirinya yang merasa punya kepentingan lebih besar dengan uang itu, sedangkan orang lain tidak.

Padahal besar kemungkinan tidak terjadi demikian bila kita merasa diri sama dengan orang lain. Kita sama-sama punya kepentingan, sehingga saling menghormati. Lagipula telah dipastikan dalam Alquran bahwa semua kita sama, kecuali yang paling bertaqwa.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help