Aceh Jaya Tambah Dua Puskesmas

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya kembali menambah dua unit Puskesmas di daerah itu untuk mempermudah warga dalam memperoleh pelayanan kesehatan

Aceh Jaya Tambah Dua Puskesmas
SERAMBI/SA'DUL BAHRI
Bupati Aceh Jaya, Ir Azhar Abdurrahman memeriksa mobil ambulan yang akan diserahkan kepada puskesmas di halaman Kantor Dinas Kesehatan di Calang, Kamis (29/12).SERAMBI/SA'DUL BAHRI 

CALANG - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya kembali menambah dua unit Puskesmas di daerah itu untuk mempermudah warga dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Dua unit Puskesman tersebut yakni Puskesmas Ligan di Kecamatan Sampoiniet dan Pantee Kuyun di Kecamatan Setia Bakti.

“Dari sebelumnya di Aceh Jaya terdapat 10 unit Puskesmas kini telah bertambah menjadi 12 unit Puskesmas yang terdapat di sembilan Kecamatan, yaitu Puskesmas Pasie Raya, Teunom, Panga, Krueng Sabee, Calang, Lageun, Patek, Lhok Kruet, Indra Jaya, Lamno, Ligan dan Puskesmas Pante kuyun,” rinci Ns Ernani Wijaya, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya kepada Serambi, Kamis (6/7).

Dikatakannya, dua unit puskesmas tambahan itu telah diresmikan Bupati Aceh Jaya Ir Izhar Abdurrahman pada Kamis (6/7) lalu yang di pusatkat di Ligan, Kecamatan Sampoiniet. Dalam kegiatan peresmian tersebut juga ikut dihadiri langsung bupati terpilih Drs T Irfan TB, para imum mukim, keuchik, tokoh masyarakat dan unsur Muspika dari Kecamatan Sampoiniet dan Setia Bakti serta kader kesehatan dari ke dua Puskesmas yang baru itu.

Ia menambahkan, Puskesmas tambahan itu sengaja dibangun di kawasan terpencil dengan harapan supaya mudah dijangkau masyarakat terdekat. Seperti warga kemukiman Pantee Purba yang sebelumnya berobat jauh ke Puskesmas Lhok Kruet, kini dapat memperoleh pelayanan kesehatan tidak jauh lagi dari jangkauan.

Demikian juga warga kawasan Pante kuyun yang sebelumnya berobat Puskesmas Lageun yang saat tidak lagi harus ke Langeun untuk berobat. “Keduanya dulu merupakan Puskesmas pembantu (Pustu) dan kini ditingkatkan menjadi Puskesmas yang direalisasi melalui anggaran DAK 2016,” jelas Ns Ernani Wijaya.(c45)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved