SerambiIndonesia/

Pandangan Manusia

Sesungguhnya ada di antara kalian yang beramal dengan amalan ahli surga menurut pandangan manusia

Pandangan Manusia

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya ada di antara kalian yang beramal dengan amalan ahli surga menurut pandangan manusia, padahal sebenarnya ia penduduk neraka” (HR. Muslim).

Tak sedikit orang yang menjadi terkenal sebagai orang baik dalam pandangan manusia, sehingga dielu-elukan orang banyak. Hal ini bisa terjadi manakala seseorang dengan sengaja menampak-nampakkan amal baik dan ibadahnya manakala berada di hadapan orang banyak atau sengaja dipertontonkan ke media sosial setiap amalannya. Padahal Allah maha tahu hati hamba-hambaNya dan tahu mana di antara hambaNya yang benar-benar beriman dan yang tidak.

Sebagaimana disebutkan dalam Alquran, orang-orang yang benar-benar beriman akan diberikan keteguhan hati dalam hidup di dunia dan akhirat (QS. Ibrahim: 27). Ada konsistensi atau istiqamah dalam kebenaran. Berbeda dengan orang-orang yang sebaliknya, yang cenderung menimbang keuntungan secara politis dalam berbuat kebaikan. Bila dianggap merugikan kelompok politiknya, walaupun salah tetap dibenarkan atau dicari pembenaran. Akibatnya, sebahagian orang akan cenderung menaruh percaya kepada ucapannya karena selama ini ia dikenal sebagai orang baik dan taat.

Karena itu, sepatutnya kita memurnikan niat dalam beramal. Jangan sampai demi mencari popularitas dalam pandangan manusia, kita kehilangan pahala untuk kehidupan akhirat. Dan bahkan yang lebih mengerikan lagi adalah menjadi pelaku perbuatan syirik. Na’uzubillah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help