SerambiIndonesia/

Pemkab Aceh Besar Dapat Penghargaan dari Menkes

Menteri Kesehatan (Menkes) Prof Dr dr Nila Farid Moeloek SpM(K) memberikan penghargaan Pastika

Pemkab Aceh Besar Dapat Penghargaan dari Menkes

BANDA ACEH - Menteri Kesehatan (Menkes) Prof Dr dr Nila Farid Moeloek SpM(K) memberikan penghargaan Pastika Parama kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar atas keberhasilan kabupaten itu menetapkan dan mengimplementasikan peraturan daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) serta kebijakan lain terkait pengendalian konsumsi hasil tembakau.

Penghargaan dalam bentuk piagam itu diserahkan langsung oleh Menkes kepada Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, pada acara pertemuan Aliansi Bupati dan Wali Kota Peduli KTR Se-Indonesia di The Alana Hotel, Yogyakarta, Rabu (12/7).

Bupati Mawardi Ali yang menyampaikan kabar gembira itu kepada Serambi, Rabu siang, menyebutkan untuk seluruh Indonesia, tercatat 66 kabupaten/kota yang mendapat penghargaan serupa.

Bupati Aceh Besar itu mengatakan penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari pemerintah pusat melalui Menkes RI berdasarkan surat keputusan bersama Menteri Kesehatan Nomor 7 Tahun 2017 kepada daerah-daerah yang berkomitmen menerapkan kawasan tanpa rokok.

Mawardi Ali yang baru dilantik menjadi Bupati Aceh Besar pada 10 Juli lalu mengaku sangat bersyukur atas prestasi yang diraih kabupaten yang dipimpinnya itu. Apalagi ini menyangkut prestasi di bidang implementasi kawasan tanpa rokok yang berkorelasi positif dengan upaya penyehatan masyarakat.

“Alhamdulillah, secara pribadi dan atas nama masyarakat serta Pemkab Aceh Besar patut berbangga dengan adanya penghargaan bidang kesehatan ini, karena kita memiliki aturan daerah dan menerapkan aturannya. Sebab, ada juga daerah yang miliki perda, namun tidak mengimplementasikan,” ulas Mawardi.

Bupati juga mengungkapkan bahwa penghargaan itu didasarkan fakta bahwa Aceh Besar sudah menerapkan KTR yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2015.

Secara khusus, Mawardi Ali berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar sebelum dia, yakni Mukhlis Basyah dan Syamsulrizal yang komit mendukung KTR berjalan di Aceh Besar. “Harapan kita ke depan kawasan tanpa rokok terus bisa diimplemtasikan, sehingga perbup ini dapat diqanunkan,” ujar Mawardi.

Ia menyebut penghargaan itu sebagai prestasi bersama antara Pemkab dengan seluruh komponen masyarakat Aceh Besar. “Salut dan apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan. Ke depan prestasi ini tentu saja akan kita pertahankan, bahkan kita tingkatkan. Masyarakat senantiasa kami harapkan dukungannya,” kata Mawardi. (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help