SerambiIndonesia/

Irwandi Minta Aceh Timur Kembangkan Pertanian Modern

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf meminta jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Timur merancang peraturan daerah

Irwandi Minta Aceh Timur Kembangkan Pertanian Modern
Gubernur Aceh Drh Irwandi Yusuf MSc menandatangani berita acara sumpah dan pakta integritas pada Rapat Paripurna Istimewa DPRK Aceh Timur dengan agenda pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan H Hasballah bin M Thaib dan Syahrul bin Syamaun sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur periode 2017-2022, di Gedung DPRK di Kompleks Puspemkab Aceh Timur, Idi Rayeuk, Kamis (13/7/2017).) SERAMBI SENI HENDRI 

* Mualem Siap Dukung Pemerintahan Irwandi-Nova

IDI - Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf meminta jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Timur merancang peraturan daerah (perda) yang mengatur tentang pembangunan dan kesejahteraan, sehingga Aceh Timur akan mencapai kegemilangan pada tahun 2022. Salah satunya adalah dengan mengembangkan pertanian modern

“Kita bisa membentuk kelompok tani modern di sini,” kata Gubernur dalam sambutannya, usai melantik H Hasballah bin M Thaib dan Syahrul bin Syamaun sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur periode 2017-2022, di Gedung DPRK Aceh Timur, Kamis (13/7).

Pernyataan Gubernur Irwandi menanggapi laporan Bupati Aceh Timur H Hasballah bin M Thaib, bahwa ada 24 ribu hektare lahan yang bisa dikonversi menjadi lahan sawah. “Lahan seluas itu tentunya dapat menampung 24 ribu kepala keluarga sebagai tenaga kerja baru,” ungkap Irwandi.

Menurutnya, setelah 10 tahun masa garap, lahan yang dikelola petani modern tersebut nantinya akan diberikan kepada masyarakat, dengan catatan tidak boleh dijual. Semua proses itu dilakukan di bawah pengawasan dan arahan pemerintah kabupaten. “Dalam 10 tahun ke depan, tidak boleh ada lagi orang yang ber-KTP petani, kelaparan dan tidak punya lahan,” kata Irwandi.

Selain sektor pertanian, kata Irwandi, Aceh Timur juga sangat kaya dengan sumber daya alam di sektor kehutanan, minyak dan gas, kelautan, serta perikanan. “Migas di Aceh Timur tidak ada habis-habisnya,” kata Irwandi.

Sementara di lautan, lanjut Gubernur, nelayan Aceh Timur menyumbang ikan yang banyak untuk Aceh. Pertanian padi, jagung, dan kedelai bahkan mendapat penghargaan dari Pemerintahan Pusat. Semua hal itu diharapkan bisa menjadi alat untuk membuat rakyat sejahtera.

Selain itu, Irwandi berpesan agar Pemerintah Aceh Timur mempermudah proses pengurusan dan menciptakan pemerintahan yang bebas dari pungutan liar. “Lengkapi sarana dan prasana yang dibutuhkan untuk kemajuan Aceh Timur sehingga investor masuk dan bisa meningkatkan perekonomian rakyat,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Aceh Timur H Hasballah bin M Thaib mengatakan bahwa masih banyak masyarakat di Aceh Timur belum memiliki lahan bekerja. Untuk itu, ia bersama wakilnya Syahrul bin Syamaun akan mengaktifkan lahan-lahan tidur sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai lahan bercocok tanam.

Bupati Hasballah berkeinginan agar Aceh Timur terbebas dari krisis ekonomi. Ia menyebutkan banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk memajukan kabupaten yang dipimpinnya itu. “Kami sangat mengharapkan gukungan Pemerintah Aceh kepada kami supaya kawasan ekonomi jalan di sini,” kata Hasballah.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help