SerambiIndonesia/

Skandal 'Fontgate', Font Calibri Microsoft yang Ungkap Dokumen Palsu Putri PM Pakistan

Sharif membantah melakukan kesalahan dan mengatakan bahwa kekayaan keluarganya didapat secara legal.

Skandal 'Fontgate', Font Calibri Microsoft yang Ungkap Dokumen Palsu Putri PM Pakistan
Newsweek
Putri Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif, Maryam, 

SERAMBINEWS.COM - Putri Perdana Menteri Pakistan menjadi bulan-bulanan di netizen di Pakistan, setelah dokumen-dokumen pembelaan dirinya atas tuduhan korupsi diragukan.

Tim gabungan skandal Panama Papers menyelidiki keluarga Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif  termasuk anaknya Mariam Nawaz Sharif terkait tindakan pencucian uang dengan menyimpan aset-aset di luar negeri, termasuk membeli bangunan dikutip dari the guardian.

Dalam sebuah dokumen mengklaim bahwa Mariam Nawaz Sharif hanyalah penyewa untuk apartemen mewah Avenfield House, sebuah properti mahal di London.

Sumber mengatakan kontroversi terkait skandal yang menimpa Pakistan lebih dari setahun ini terungkap karena kejanggalan  font yang ditemukan pada dokumen.

Dokumen yang mengklaim bahwa Mariam Nawaz Sharif hanyalah penyewa tertanggal Februari 2006, diketik dengan huruf Calibri milik Microsoft.

Anehnya, font itu baru tersedia secara komersial di tahun 2007, yang menyebabkan kecurigaan bahwa dokumen tersebut dipalsukan.

Pengguna media sosial telah mencemooh Sharif karena kesalahan langkah ini lewat hashtag #fontgate.

Menurut Wikipedia, font Calibri dikembangkan pada tahun 2004 namun baru dirilis bagi masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007 dengan diluncurkannya Microsoft Vista dan Microsoft Office 2007.

Halaman Wikipedia Calibri biasanya menerima sekitar 500 kunjungan per hari. Pada 11 dan 12 Juli,  terdapat sekitar 150.000.

Hal  ini setelah pengguna tampaknya mencoba untuk mengubah konten artikel tersebut agar mengatakan bahwa font tersebut tersedia pada tahun 2004.

Halaman
12
Penulis: Fatimah
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help