SerambiIndonesia/

Tertutup Longsor, Lintas Lokop-Pinding belum Bisa Dilalui Roda Empat

Menurut Baihaqqi, longsor yang terjadi Minggu malam akibat hujan deras menutupi badan jalan di delapan titik mulai dari Kolon hingga ke Alur Konyel.

Tertutup Longsor, Lintas Lokop-Pinding belum Bisa Dilalui Roda Empat
ist
Alat berat membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan di lintas Lokop-Pinding (Aceh Timur-Gayo Lues), Jumat (14/7/2017).

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Kendaraan roda empat belum bisa melintas di jalan Lokop-Pinding (Aceh Timur-Gayo Lues). Karena badan jalan di lintas ini masih tertutup longsor.

"Mulai Senin hingga Jumat (10-14/7/2017) kendaraan roda empat belum bisa melintas di jalan ini. Kendaraan roda empat dari Gayo Lues ke Langsa beralih melalui jalan Takengon. Sedangkan roda dua bisa lewat tapi bayar upah pikul Rp 100 ribu per sepmor," ungkap Baihaqqi warga Pinding yang melintas di jalan ini kepada Serambi Jumat (14/7/2017).

Menurut Baihaqqi, longsor yang terjadi Minggu malam akibat hujan deras itu menutupi badan jalan di delapan titik mulai dari Kolon hingga ke Alur Konyel.

Namun demikian, ungkap Baihaqqi, pemerintah melalui dinas terkait telah menurunkan satu unit alat berat jenis sekopel ke lokasi untuk membersihkan material.

Tapi sekopelnya sempat rusak sehingga pihak terkait kembali menurunkan satu unit beko lagi ke lokasi.

Secara terpisah, Zakaria, warga Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, mengaku pihaknya terpaksa menunda keberangkatan menuju Gayo Lues. Pasalnya, tidak ada kendaraan roda empat melintasi jalan Lokop-Pinding karena longsor.

Zakaria mengaku pihaknya lebih memilih jalan Lokop-Pinding menuju Gayo Lues karena melalui lintas ini perjalanan hanya memakan waktu sekitar 6-7 jam dibandingkan melalui Medan-Kaban Jahe, Aceh Tenggara, Gayo Lues memakan memakan waktu hingga 18-20 jam perjalanan darat.

Sementara itu, Anggota DPR Aceh Iskandar Usman Alfarlaky dalam akun facebooknya yang diunggah Jumat (14/7/2017) pukul 16.30 WIB, mengatakan material longsor yang menimbun badan jalan di lintas Lokop-Pinding (Aceh Timur-Gayo Lues) sedang ditangani oleh pihak Dinas Bina Marga Aceh.

"Setelah kami berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Aceh, Alhamdulillah longsor di ruas jalan Lokop-Gayo Lues sedang ditangani," tulis Iskandar, sambil mengaploud foto yang memperlihatkan alat berat jenis sekopel sedang membersihkan material longsor. (*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help