SerambiIndonesia/
Home »

Bisnis

» Mikro

Harga TBS Anjlok, Pengusaha Minta Pemerintah Turun Tangan

Ali Sahbana didampingi rekannya, Syahrul menginformasikan, harga TBS di seluruh Aceh saat ini hanya Rp 1.000 hingga Rp 1.100 per kilogram.

Harga TBS Anjlok, Pengusaha Minta Pemerintah Turun Tangan
IST
TBS di NAgan

Laporan Nasir Nurdin | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Harga tandan buah segar (TBS) sawit anjlok sejak beberapa waktu terakhir menyebabkan petani da pengusaha perkebunan sawit tak mampu menutup biaya operasional.

"Dalam kondisi seperti ini kami berharap Pak Gubernur Aceh melalui dinas terkait bisa mencarikan solusi untuk stabilisasi harga dan menutup ruang bagi oknum-oknum atau spekulan yang mencari keuntungan pribadi tanpa memikirkan nasib petani dan pengusaha kebun," kata Ali Sahbana, salah seorang pengusaha kebun sawit di Nagan Raya.

Ali Sahbana didampingi rekannya, Syahrul menginformasikan, harga TBS di seluruh Aceh saat ini hanya Rp 1.000 hingga Rp 1.100 per kilogram dari sebelumnya Rp 1.500 hingga Rp 1.600 per kilogram.

"Bahkan di tingkat pengumpul hanya Rp 700 sekilo," kata Ali yang juga Ketua Pendiri Yayasan Aceh Sejahtera (YAS).

Menurut Ali Sahbana, masyarakat sangat berharap Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf bisa mengeluarkan kebijakan untuk stabilisasi harga agar ekonomi masyarakat yang hidup di sektor perkebunan bisa lebih terjamin.

Dalam kondisi harga TBS yang anjlok seperti sekarang diperburuk lagi dengan pupuk langka, kemarau panjang, dan produksi menurun membuat petani sawit semakin menderita.

"Kami sangat berharap pemerintah secepatnya turun tangan untuk membantu permasalahan yang dihadapi petani sawit," demikian Ali Sahbana. (*)

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help