SerambiIndonesia/

Demokrat Ancam PAW Kadernya

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Aceh meminta kadernya di DPRK Pidie untuk tidak ikut-ikutan

Demokrat Ancam PAW Kadernya
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL

* Apabila Ikut Boikot Pelantikan Abusyik

* Golkar Pastikan Kadernya Hadir

SIGLI - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Aceh meminta kadernya di DPRK Pidie untuk tidak ikut-ikutan memboikot acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pidie terpilih, Roni Ahmad (Abusyik) dan Fadhlullah TM Daud ST, dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRK, Senin (17/7) hari ini.

Apabila diketahui ada yang tidak hadir, Demokrat siap menjatuhkan sanksi tegas, termasuk Pergantian Antar Waktu (PAW). Ancaman tersebut disampaikan Ketua DPD Demokrat Aceh, Ir Nova Iriansyah yang juga Wakil Gubernur Aceh, dalam suratnya kepada Ketua DPC Partai Demokrat Pidie, Ir Muhammad Ali.

“Apabila ada Anggota Dewan dari Partai Demokrat yang tidak hadir, maka diberikan sanksi, termasuk PAW,” kata Muhammad Ali kepada Serambi, Minggu (16/7).

Seperti diketahui, rencana boikot mencuat menyusul keputusan Fraksi Partai Aceh (F-PA) DPRK Pidie yang sepakat memboikot pelantikan Abusyik. Keputusan ini merupakan tindak lanjut atas surat dari Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin, selaku kuasa hukum dari Sarjani-M Iriawan, yang meminta agar pelantikan ditunda.

Selain Partai Aceh selaku partai pengusung, dalam Pilkada kemarin, pasangan Sarjani dan M Iriawan juga didukung oleh hampir semua partai peraih kursi di DPRK, yaitu Partai Demokrat, NasDem, Golkar, Gerindra, dan PKS.

“Insya Allah ketiga Anggota Dewan dari Partai Demokrat akan menghadiri rapat Paripurna Istimewa DPRK,” ucap Muhammad Ali. Ketiga anggota dewan yang ia maksud adalah dia sendiri, Ir Iskandar Siddiq, dan Teuku Manyak.

Terpisah, Ketua DPD II Partai Golkar Pidie, T Zoelbaharsyah, juga memastikan bahwa kadernya di DPRK Pidie akan ikut hadir dalam pelantikan hari ini. Ia menegaskan bahwa Golkar tidak pernah dan tidak boleh memboikot acara pelantikan kepala daerah.

“Secara aturan kita tidak boleh memboikot karena undangan telah tersebar dan SK pengukuhan bupati dan wakil bupati telah turun dari Kemendagri,” kata lelaki yang kerap disapa Ampon Jol.

Kader Golkar di DPRK Pidie berjumlah tiga orang, yaitu T Saifullah TS, Fadli SE, dan Syarifuddin. Selain memastikan kehadiran ketiganya, Zoelbaharsyah juga menginformasikan bahwa Ketua DPD I Partai Golkar Aceh, TM Nurlif, juga bakal ikut menghadiri pelantikan Abusyik.

Selain Demokrat dan Golkar, Serambi juga berupaya menghubungi Ketua Partai NasDem Pidie, Jamaluddin, untuk memastikan kehadiran kader partai tersebut dalam acara pelantikan Abusyik hari ini.

Sayangnya upaya konfirmasi tersebut tidak berhasil karena nomor ponsel Jamaluddin tidak aktif. Namun informasi yang diperoleh Serambi dari beberapa kadernya di DPRK Pidie, NasDem kemungkinan besar akan hadir. Demikian juga dengan PKS.

Berbeda dengan Gerindra. Informasi yang beredar, partai yang dipimpin oleh TA Khalid ini sepertinya akan ikut memboikot pelantikan Abusyik. Namun kepastian akan isu tersebut belum terkonfirmasi karena Ketua Gerindra Pidie, Drs Isa Alima, juga tak berhasil dihubungi.

Pesan singkat yang dikirim Serambi juga tidak dibalas. Untuk diketahui, PA memiliki 23 kursi di DPRK Pidie, disusul NasDem sebanyak 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Demokrat 3, Golkar 3, PKS 1, dan PDA 1 kursi. Total jumlah anggota DPRK Pidie berjumlah 40 orang.(naz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help