SerambiIndonesia/

Seratusan Karyawan Pabrik PKS PT Sisirau Mogok Kerja

Mereka menuntut perusahaan membayar uang beras yang belum dibyarkan perusahaan selama satu bulan dan pemotongan uang beras.

Seratusan Karyawan Pabrik PKS PT Sisirau Mogok Kerja
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NASIR

Laporan Muhammad Nasir | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KULASIMPANG – Seratusan karyawan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) PT Sisisrau, Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang melakukan aksi mogok kerja  di halaman masuk kantor pabrik, Senin (17/7/2017).

Mereka menuntut perusahaan membayar uang beras  yang belum dibyarkan perusahaan selama satu bulan  dan pemotongan uang  beras.

Ketua pimpinan unit kerja PKS PT Sisirau, Agus Nar didampingi Ketua PC FSPPP.SPSI Aceh Tamiang, Tedi Irawan kepada Serambinews.com, mengatakan, sudah dua hari mereka  mogok kerja dari Sabtu (5/7/2017) sampai Senin (17/7/2017).

Ditambahkan, aksi demo ini akan berakhir sampai tuntutan karyawan diakomodir, alasannya, mereka berdemo karena perusahaan melakukan pemotongan uang natural atau uang beras sebesar Rp 135 ribu setara 15 kg beras.

Tutuntutan pembayaran uang beras ini sudah dilakukan sejak Januari sampai Mei dan tuntutan tersebut terealisasi selama lima bulan namun memasuki Juli, uang beras tersebut dipotong untuk bulan Juni.

“Mogok kerja ini akumulasi tutuntutan sejak Januari sampai Mei, memang ada realisasi bulan Mei diberikan 135 ribu,  namun dibulan Juni dipotong kembali maka timbul mogok kerja,” ujarnya.

Sudah berulang kali negosiasi tripartit tenaga kerja tapi nggak ada solusi.

“Perusahaan menganggap mogok kerja karyawan dianggap tidak resmi karena mendadak dan sudah dibantah oleh serikat pekerja aksi mogok yang dilakukan karyawan merupakan kegiatan resmi dan hak karyawan,” ujarnya.

Penulis: Muhammad Nasir Tamiang
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help