SerambiIndonesia/

Ternyata Kuman di Alat Dapur 200 Kali Lebih Banyak dari Dudukan Toilet

Standar kebersihan yang rendah di dapur dapat menyebabkan penyakit karena bakteri Ecoli dan campylobacter.

Ternyata Kuman di Alat Dapur 200 Kali Lebih Banyak dari Dudukan Toilet
epaperbird.com
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Talenan, salah satu piranti masak yang Anda gunakan setiap hari mungkin menyimpan kuman yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Anda mungkin tidak percaya karena merasa sudah membersihkannya setiap hari.

Penelitin terbaru menemukan, peralatan penting itu 200 kali lebih kotor dibandingkan tempat duduk toilet dengan jumlah bakteri rata-rata 61.597 per inci persegi. Dan, terlepas dari kebiasaan Anda mencucinya setelah selesai menggunakan, cara itu kurang efektif.

Standar kebersihan yang rendah di dapur dapat menyebabkan penyakit karena bakteri Ecoli dan campylobacter. Efek samping yang mungkin timbul antara lain muntah, kram perut dan diare. Papan potong yang tidak higienis dengan mudah menyimpan kuman ini, terutama jika Anda sudah memilikinya dalam waktu lama.

Dr Lisa Ackerley mengungkapkan kesalahan umum terkait papan potong, yakni mencuci dengan cara salah dan tidak menggantinya secara teratur.

"Dengan tidak mengganti papan potong Anda secara teratur Anda membahayakan diri Anda sendiri,” kata Ackerley yang mendapat julukan "Dokter Higienis" ini.

Ia menjelaskan, papan potong adalah sumber kontaminasi silang yang berbahaya jika tidak dibersihkan, disimpan, digunakan dengan benar, dan diganti.

Sebuah survei terhadap lebih dari 2.000 orang di Inggris, yang dilakukan oleh rumah sakit Sainsbury, menemukan bahwa 40 persen orang menggunakan papan potong yang sama untuk daging dan sayuran.

Daging mentah, terutama ayam mentah, bisa meninggalkan sisa salmonella dan campylobacter yang menyebabkan keracunan makanan. Kuman ini bisa mencemari makanan yang disiapkan di papan potong yang sama.

Ketahui 5 hal lebih dalam tentang kebersihan alat-alat dapur, terutama talenan. 

1. Bakteri di papan potong cepat mati Anda mungkin sering mendengar mitos tersebut, namun itu tidak benar. Banyak kuman beracun dalam makanan hidup cukup lama di permukaan. Bakteri ecoli misalnya ditemukan hidup berminggu-minggu di talenan dan kulkas. Bakteri juga bisa tumbuh pada potongan makanan mikroskopik yang tersimpan dalam celah papan potong.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help