SerambiIndonesia/
Home »

Sport

Voli Sediakan Enam Tiket PORA

17 tim putra dan 12 regu putri mengincar tiket lolos dalam Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh

Voli Sediakan Enam Tiket PORA
TIM voli putra Bener Meriah (merah) dan Aceh Timur (hitam) bertanding dalam Prakualifikasi Pekan Olah Raga Aceh (Pra-PORA) 2017 yang digelar di GOR KONI Aceh, Senin (17/7). 

BANDA ACEH - 17 tim putra dan 12 regu putri mengincar tiket lolos dalam Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA) 2017 yang digelar sejak 15-22 Juli di Banda Aceh. Tim dari kabupaten/kota bersaing untuk memperebutkan masing-masing enam tiket lolos ke PORA XIII/2018 di Aceh Besar.

Ketua Bidang Pertandingan Pra-PORA cabor bola voli, Drs Hasbi Nyakmat kepada Serambi kemarin mengatakan, 17 daerah yang mengikuti voli putra indoor terbagi dalam empat grup dan bertanding di GOR KONI Aceh. Untuk Grup A ditempati Aceh Tamiang, Aceh Jaya, Langsa, Aceh Selatan dan Aceh Tengah. Grup B ada Lhoskeumawe, Aceh Timur, Pidie Jaya dan Bener Meriah. Grup C dihuni Sabang, Aceh Singkil, Aceh Barat dan Banda Aceh. Grup D diisi Bireuen, Nagan Raya, Abdya dan Pidie. “Hanya juara dan runner-up tiap grup yang berhak lolos ke babak delapan besar,” ujarnya.

Dikatakan Hasbi, tim yang lolos ke babak delapan besar kembali dipertandingkan. Empat tim yang menang langsung lolos ke PORA XIII/2018 Aceh Besar. Sedangkan empat tim yang kalah masih ada kesempatan untuk lolos ke PORA. Tim yang kalah kembali bertanding untuk memperebutkan dua tiket lagi ke PORA. “Dua tim yang menang bergabung dengan empat tim yang sudah lolos guna mengisi kuota enam tim ke PORA,” ujarnya.

Sedangkan putri, kata Hasbi, ada 12 tim yang terbagi dalam tiga grup yang bertanding di lapangan voli Jasdam IM. Grup E dihuni Sabang, Aceh Tamiang, Pidie dan Simeulue. Grup F ditempati Aceh Selatan, Lhokseumawe, Aceh Utara dan Banda Aceh. Untuk Grup G diisi oleh Aceh Tengah, Bireuen, Langsa dan Aceh Barat. Juara dan runner- up tiap grup yang berjumlah enam tim langsung lolos ke PORA. “Pertandingan di kelompok putri sangat ketat untuk memperebutkan posisi juara dan runner-up tiap grup,” ujarnya.

Menurut Hasbi, cara penilaian untuk setiap tim berdasarkan hasil pertandingan yang telah dilakoni. Bila menang 3-0 dan 3-1 akan mendapatkan nilai 3. Kalau menang 3-2 mendapatkan nilai 2. Kemudian tim yang kalah 2-3 memperoleh nilai 1. Sedangkan tim yang menang WO (walk out) akan mendapatkan nilai 3. “Besok (hari ini) pertandingan terakhir babak penyisihan grup. Untuk voli putra indoor ada delapan tim lolos. Untuk voli putri indoor ada enam tim yang lolos ke PORA,” ujar Hasbi yang juga berperan sebagai wasit voli.(adi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help