SerambiIndonesia/

Droe Keu Droe

Menunggu Gelar Pahlawan Malayahati

SAYA berpendapat bahwa gelar pahlawan untuk Laksamana Malahayati adalah hal yang patut disegerakan. Karena berdasarkan fakta historis

Menunggu Gelar Pahlawan Malayahati
NET

SAYA berpendapat bahwa gelar pahlawan untuk Laksamana Malahayati adalah hal yang patut disegerakan. Karena berdasarkan fakta historis, kiprah Malahayati di laut Nusantara sangat menggema dalam catatan sejarah. Misalnya, ketika Malahayati mampu menjaga dan menaklukkan laut Nusantara, terutama di Selat Malaka dan Samudera Hindia, sehingga para imperialis barat, seperti Portugis, Inggris dan Belanda, sangat takut kepadanya.

Malahayati benar-benar pejuang sejati, ketika para pejuang pria Aceh merasa kesulitan di laut. Laksamana Malahayati mendirikan “Kuta Inong Balee”, yaitu sebuah benteng pertahanan di Teluk Krueng Raya. Di Benteng Inong Balee, Malahayati melatih 1.000 lebih perempuan Aceh agar siap menjadi pejuang tangguh di laut.

Sekarang nama Malahayati dipakai di mana-mana untuk mengenang jasanya, seperti Pelabuhan Malahayati di Krueng Raya Aceh Besar, Jalan Laksamana Malahayati di Aceh Besar, RS Malahayati di Banda Aceh, KRI Malahayati (362), Universitas Malahayati di Bandar Lampung, dan bahkan ada Warkop Malahayati.

Pertanyaannya sekarang adalah fakta apalagi yang masih dipungkiri oleh pemerintah pusat untuk gelar Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati? Saya menyarankan ke pemerintah pusat harus segera memberikan gelar kepada Laksamana Malahayati sebagai Pahlawan Nasional. Terima kasih.

Saifullah, S.Pd
Ketua KoBar GB Aceh Besar
Email: saiful_x71@yahoo.com

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help