SerambiIndonesia/

Paya Tumpi Masuk Lima Besar

Perpustakaan Kampung Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah masuk lima besar nasional

Paya Tumpi Masuk Lima Besar
KEPALA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Zulkifli SPd MPd menyerahkan buku bantuan kepada 12 perpustakaan gampong di Aceh Tengah. Acara itu dipusatkan di Kampung Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, Rabu (26/7) pagi. 

* Lomba Perpustakaan Nasional

TAKENGON - Perpustakaan Kampung Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah masuk lima besar nasional. Kampung ini yang berjarak sekitar 5,6 km dari Ibukota Takengon akan bersaing dengan empat kampung lainnya di Indonesia untuk menjadi perpustakaan kampung terbaik nasional.

Terpilihnya Perpustakaan Paya Tumpi Baru mewakili Aceh mengikuti ajang nasional berdasarkan penilaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh seusai mendata 6.000 perpustakaan kampung di Aceh. Kegiatan secara nasional itu dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kampung Paya Tumpi Baru masuk nominasi perpustakaan terbaik kelompok B tingkat nasional di Indonesia. “Terpilihnya perpustakaan Paya Tumpi Baru ini menjadi modal besar bagi Aceh dalam program menuju Aceh Beucarong,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh, Zulkifli SPd MPd, Rabu (26/7).

Zulkifli mendampingi tim juri lomba perpustakaan gampong tingkat nasional dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Kampung Paya Tumpi Baru. Dia menyebutkan untuk menuju masyarakat yang pintar, tidak dapat mengesampingkan perpustakaan sebagai taman membaca.

“Kehadiran perpustakaan kampung cenderung dipandang sebelah mata. Tapi saat ini, mendapat aspresiasi dari pemerintah dengan cara perlombaan, sehingga muncul perpustakaan kampung yang bermutu,” jelasnya.

Seorang tim juri lomba perpustakaan kampung, Dr Zulfikar Zen MA menyatakan perpustakaan Kampung Paya Tumpi Baru berpeluang terpilih menjadi perpustakaan kampung terbaik tingkat nasional. Disebutkan, perpustakaan satu ini mengkoleksi 1.295 judul buku dengan jumlah 2.217 buku.

“Pemerintah daerah harus tetap mendampingi dan memprogramkan bagi perpustakaan kampung lainnya,” harapnya. Perpustakaan Kampung Paya Tumpi Baru menuju perpustakaan kampung terbaik akan mengikuti beberapa tahapan lagi, seperti penjurian lapangan dan presentasi pengelola perpustakaan tingkat nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini di Jakarta.

Sedangkan di sela-sela penjurian, juga dilakukan pemberian buku bantuan untuk 12 perpustakaan kampung di Aceh Tengah yang diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh.

Dalam kegiatan itu, selain dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, juga diikuti oleh Bupati Aceh Tengah terpilih, Drs Shabela Abubakar. Bupati terpilih ini, menyatakan kunjungannya untuk terus memperhatikan dan mendukung program-program dalam mencerdaskan masyarakat Aceh Tengah, melalui perpustakaan kampung.(my)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help