SerambiIndonesia/

Wagub: Tindak Tegas Pembakar Lahan

Menyikapi musim kemarau yang melanda Aceh, Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, mengimbau

Wagub: Tindak Tegas Pembakar Lahan

* Warga Dimbau Shalat Istisqa

MEULABOH - Menyikapi musim kemarau yang melanda Aceh, Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, mengimbau seluruh warga untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Ia juga meminta penegak hukum menindak tegas orang yang sengaja membakar lahan.

“Saya minta pihak kepolisian menindak tegas para pembakar lahan yang telah menyebabkan dampak sangat buruk di tengah masyarakat,” ujar Wagub Aceh, Nova Iriansyah saat meninjau lokasi kebakaran lahan pada sejumlah titik di Kabupaten Aceh Barat, Rabu (26/7).

Turut hadir dalam peninjauan itu Bupati beserta unsur Forkopimda Aceh Barat, Danrem Teuku Umar, Asisten III Setda Aceh Kamaruddin Andalah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh Saminuddin, Kepala BPBA Yusmadi, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin.

Nova menyebutkan, Pemerintah Aceh bersama pemerintah kabupaten/ kota tak tinggal diam dengan semakin meluasnya kebakaran lahan di sejumlah daerah, seperti Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Jaya.

“Pemerintah Aceh juga sedang mencari skema apa yang paling efektif untuk mengantisipasinya, mengingat kebakaran terus berulang tiap tahun, dan saat ini hampir semua cara kita lakukan. Termasuk mendatangkan dua helikopter dari BNPB dan mulai bekerja,” ujarnya.

Namun demikian, kata Nova, cara-cara konvensional seperti pemadaman dengan menggunakan mobil pemadam juga terus berjalan, di samping juga diupayakan dengan cara-cara yang inkonvensional. Misalnya, mengerahkan masyarakat untuk melakukan pemadaman, paling tidak untuk mencegah bertambahnya titik api.

“Saya ingatkan bahwa kejahatan membakar lahan ini adalah kejahatan serius, karena selain menyebabkan polusi juga mengganggu dunia internasional. Asapnya sampai ke negara tetangga. Jadi, sebagai Wakil Gubernur Aceh saya imbau hentikan pembakaran lahan, karena aparat keamanan akan menindak,” imbuh Wagub.

Selain itu, kata Nova, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf pada Kamis (28/7) akan bertemu Presiden Jokowi di Jakarta membahas sejumlah persoalan di Aceh, termasuk soal kebakaran lahan. Kepada seluruh bupati/wali kota, khususnya yang di daerahnya terjadi kebakaran lahan, Wagub mengimbau agar tidak meninggalkan daerahnya serta memimpin langsung pemadaman api.

Imbau shalat Istisqa
Wagub juga menyerukan kepada seluruh masyarakat Aceh untuk melaksanakan shalat Istisqa atau shalat minta hujan serta berdoa kepada Allah Swt agar menurunkan rahmat-Nya di Bumi Serambi Mekkah ini. “Semua usaha sudah kita lakukan, namun jangan lupa kita berdoa kepada Allah agar musim kemarau ini segera berakhir. Maka saya ajak dan imbau seluruh masyarakat Aceh untuk melaksanakan shalat Istisqa,” pungkas Nova.

Nova berharap bupati/wali kota, MPU, dayah, dan pesantren di seluruh Aceh untuk menggerakkan masyarakat melaksanakan shalat Istisqa di daerahnya masing-masing. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help