SerambiIndonesia/

Droe Keu Droe

Masalah Pencabutan Dua Pasal UUPA Perlu Disikapi Segera

MASALAH pencabutan dua pasal UUPA kiranya perlu dicarikan jalan keluar secepatnya

Masalah Pencabutan Dua Pasal UUPA Perlu Disikapi Segera

MASALAH pencabutan dua pasal UUPA kiranya perlu dicarikan jalan keluar secepatnya. Kekhususan Aceh harus dipertahankan bersama, termasuk Forbes. Saya setuju sekali pendapat Fraksi PA yang ingin menyiapkan langkah hukum terkait UUPA yang dibonsai pusat dalam UU Pilkada yang menuai protes di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Aceh.

Menurut saya, UUPA itu harus dipertahankan bersama bukan malah dirontokan satu persatu. Ini membahayakan di kemudian hari.

Aneh, kenapa orang-orang kita Aceh di Jakarta (DPR RI/DPD RI) tidak membantu mencari jalan keluar agar UU kekhususan Aceh tidak terganggu dengan dalih apapun, karena Aceh lex spesialis secara hukum dan politik.

Menurut saya, pusat tidak melihat apa yang terjadi di Aceh jika persoalan tersebut dilakukan tanpa dimusyawarahkan dengan DPR Aceh, dan ini akan menjadi gebrakan politik di kemudian hari. Seharusnya pusat jika ingin membuat sebuah kebijakan terhadap Aceh harus dikonsultasikan dulu dengan DPR Aceh.

Pusat harus benar-benar menjaga dan menghargai lex spesialis Aceh, jangan asal menggrogoti kekhususan yang dimiliki Aceh, yang tidak dimiliki oleh provinsi lain di Indonesia. Maka dari itu, para kepercayaan rakyat Aceh harus duduk dan mencari jalan keluar terkait hal ini, agar hubungan Aceh-Jakarta tidak terganggu.

Misbahuddin Ilyas
Ketua Forum Pemuda Samudera (FPS) Aceh Utara. Email: michamarcoz@gmail.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help