SerambiIndonesia/

Perlu Segera Dicari Solusinya

SEMENTARA itu, Ketua Fraksi Partai Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky menilai perlu ada satu solusi untuk mengantisipasi

Perlu Segera Dicari Solusinya
IST

SEMENTARA itu, Ketua Fraksi Partai Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky menilai perlu ada satu solusi untuk mengantisipasi dicabutnya satu demi satu pasal-pasal di dalam UUPA, baik karena digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) maupun karena lahirnya undang undang baru.

Seperti UU Pemilu yang baru-baru ini disahkan, ia khawatir akan ada beberapa kekhususan Aceh yang bisa hilang karena tidak diatur khusus di dalam UUPA, seperti syarat bisa baca Alquran untuk bakal calon.

Peringatan itu juga telah disampaikan Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi. Ia mengatakan, untuk membahas dan mengkaji dampak UU pemilu yang baru terhadap UUPA, tidak cukup satu atau dua jam, tapi butuh waktu beberapa hari karena banyak hal yang perlu dibahas. “Ada beberapa isi pasal UU Pemilu yang bisa membuat kekhususan Aceh terbaikan,” ucapnya

Beberapa peserta FGD juga mengusulkan tentang perlunya merevisi UUPA. Terkait hal ini, Iskandar menjelaskan bahwa untuk melakukan itu revisi perlu ada pemikiran dan konsep yang matang.

Sebab ia khawatir, 13 Anggota DPR RI asal Aceh tidak mampu mencapai target dan sasaran dari perubahan UUPA yang diusulkan. Kehawatiran itu cukup beralasan, sebab saat akan ditemui Anggota DPRA untuk menyampaikan saran dan masukan terkait RUU Pemilu, para Anggota DPR RI mengaku belum punya waktu karena sibuk di DPR. “Atas dasar itu, kami menjadi khawatir,” ungkap Iskandar.

Revisi UUPA juga bisa dipertimbangkan apabila memang itu sudah menjadi keputusan seluruh masyarakat Aceh untuk menjawab kondisi terkini dan ke depannya. “Itu baru bisa kita pertimbangkan,” demikian Iskandar Usman Al-Farlaky.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help