SerambiIndonesia/

Tafakur

Meringankan Hidup

Umumnya kita cenderung mengisi hari-hari dengan beragam aktivitas berat dalam mencari nafkah siang dan malam

Meringankan Hidup
Tafakur

Oleh: Jarjani Usman

“Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan setiap kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesukarannya, dan memberinya rezeki tanpa diduga-duga” (HR. Abu Dawud & Nasa’i).

Umumnya kita cenderung mengisi hari-hari dengan beragam aktivitas berat dalam mencari nafkah siang dan malam dan mengira dengan cara itulah bisa melepaskan diri dari kesulitan hidup. Saking padatnya, sebahagian kita menjadi lupa ucapan ringan yang juga bisa meringankan hidup. Istighfar adalah ucapan ringan yang bernilai besar.

Bukan hanya meringankan hidup di dunia, tetapi juga di akhirat. Alasannya, beristighfar memperoleh pahala dan juga membantu mengingat dosa-dosa yang terlanjur dilakukan. Mengingat dosa bisa mendorong untuk berusaha memperoleh ampunan. Apalagi kita tak selalu mampu mengontrol diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya itu, beristighfar juga dijanjikan memperoleh keringanan dalam memperoleh rezeki. Sebagaimana disebutkan dalam suatu hadits: “Siapa saja yang merasa rezekinya lambat atau tersendat-sendat, maka hendaknya ia beristighfar kepada Allah” (HR. Baihaqi).

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help