SerambiIndonesia/

Ternyata, Rokok Penyebab Kemiskinan di Aceh

Azhari menjelaskan, angka kemiskinan di Aceh saat ini memang naik menjadi 16,89 persen, dengan kisaran jumlah penduduk miskinnya mencapai 872 ribu.

Ternyata, Rokok Penyebab Kemiskinan di Aceh
IST
Rokok 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Rokok menjadi salah satu faktor penyebab terus meningkatnya angka kemiskinan di Aceh. Karena tingkat konsumsi rokok pada masyarakat Aceh sangat besar, termasuk pada masyarakat yang penghasilan rendah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bappeda Aceh, Azhari Hasan usai Talkshow bersama Kompas TV Aceh, Senin (7/8/2017) di Studio Kompas TV, gedung Harian Serambi Indonesia, Meunasah Manyang, Pagar Air, Aceh Besar.

Azhari menjelaskan, bahwa angka kemiskinan di Aceh saat ini memang naik menjadi 16,89 persen, dengan kisaran jumlah penduduk miskinnya mencapai 872 ribu jiwa.

Jika dilihat dari penyebabnya, rokok menyumbang 13,4 persen kemiskinan di kawasan perkotaan, sedangkan kawasan pendesaan mencapai 10,6 persen.

Selain itu, bensin juga menyumbang kemiskinan hingga 3,2 persen di perkotaan dam 2,57 persen di pendesaan. Sedangkan kebutuhan beras yang merupakan kebutuhan pokok menduduki peringkat pertama.

“Maka kalau sekarang orang mau menurunkan konsumsi rokok, khususnya orang miskin, maka secara signifikan angka kemiskinan di Aceh kita yakin akan turun, kemudian kita harus menjaga inflasi,’ ujar Azhari Hasan kepada Serambinews.com. (*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help